PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA N 3 SINGARAJA BERDASARKAN GAYA BELAJAR

Juliawan, Kadek (2025) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA N 3 SINGARAJA BERDASARKAN GAYA BELAJAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2114031015-COVER.pdf

Download (937kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2114031015-ABSTRAK.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114031015-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (275kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114031015-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2114031015-BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114031015-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2114031015-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114031015-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2114031015-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas rendahnya hasil belajar geografi siswa yang disebabkan oleh kurangnya variasi media pembelajaran dan belum optimalnya penerapan gaya belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh media pembelajaran Quizizz terhadap hasil belajar geografi siswa SMA Negeri 3 Singaraja berdasarkan gaya belajar mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Quizizz meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan, terutama dalam mengakomodasi berbagai gaya belajar. Quizizz mampu mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa melalui fitur-fitur yang sesuai dengan karakteristik masing-masing gaya belajar, seperti gaya belajar visual yang terakomodasi melalui tampilan menarik dan pemanfaatan fitur pilihan ganda, isian singkat, serta essai; gaya belajar kinestetik yang didukung dengan fitur jawaban menggambar atau penggunaan mode kertas saat menjawab kuis; serta gaya belajar auditori yang difasilitasi melalui fitur audio dan video untuk menyampaikan soal maupun jawaban. Simpulan dari penelitian ini adalah media Quizizz mampu meningkatkan hasil belajar geografi siswa secara signifikan dibandingkan yang tanpa menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini memberikan saran bagi guru, sekolah, dan pengembang media untuk mendukung penggunaan media interaktif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Quizizz; Hasil Belajar; Gaya Belajar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: Kadek Juliawan
Date Deposited: 25 Jul 2025 01:09
Last Modified: 25 Jul 2025 01:09
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26010

Actions (login required)

View Item View Item