PENGEMBANGAN PEDOMAN PELAKSANAAN HEALING CLASS BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI MELALUI PENGINTEGRASIANNYA KE DALAM PROGRAM GDS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN DAN GOTONG ROYONG SISWA DI SMA NEGERI 3 MENGWI

Nurvenayanti, Intan (2025) PENGEMBANGAN PEDOMAN PELAKSANAAN HEALING CLASS BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI MELALUI PENGINTEGRASIANNYA KE DALAM PROGRAM GDS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN DAN GOTONG ROYONG SISWA DI SMA NEGERI 3 MENGWI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2329091004-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329091004-ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329091004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (335kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329091004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329091004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329091004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2329091004-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329091004-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329091004-LAMPIRAN.pdf

Download (84MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas serta efektivitas Buku Pedoman Healing Class berbasis kearifan lokal Bali yang diintegrasikan dalam Program Gerakan Disiplin Siswa (GDS) di SMA Negeri 3 Mengwi, terutama berkenaan dengan perilaku disiplin dan gotong royong siswa. Berkenaan dengan itu, didesain penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE dengan lima langkahnya, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek yang dilibatkan dalam pengembangan produk terdiri dari empat validator ahli. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi,angket dan dokumentasi. Data yang telah diolah selanjutnya di analisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kaulitatif . Sesuai dengan tahapan dalam model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pedoman Pelaksanaan Healing Class Berbasis Kearifan Lokal Bali yang diintegrasiankan ke dalam Program Gerakan Disiplin Siswa di SMA Negeri 3 Mengwi, rancang bangunnya terdiri dari pendahuluan, rasional, landasan teoritis, langkah pelaksanaan, panduan kegiatan, evaluasi, dan tindak lanjut, (2) Pedoman Pelaksanaan Healing Class Berbasis Kearifan Lokal Bali yang diintegrasikan ke dalam Program Gerakan Disiplin Siswa di SMA Negeri 3 Mengwi memiliki validitas yang valid dengan skor rata-rata 75% dengan rentang nilai 72,60 – 89,42, (3) Pedoman Pelaksanaan Healing Class Berbasis Kearifan Lokal Bali yang diintegrasikan ke dalam Program Gerakan Disiplin Siswa dalam meningkatka perilaku disiplin dan gotong royong siswa di SMA Negeri 3 Mengwi tergolong efektif dengan presentase respon positif mencapai 75%. Kata Kunci: Gerakan Disiplin Siswa (GDS), Healing Class, kearifan lokal Bali, perilakur disiplin, perilaku gotong royong, sangkepan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Disiplin Siswa (GDS), Healing Class, kearifan lokal Bali, perilakur disiplin, perilaku gotong royong, sangkepan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2)
Depositing User: Intan Nurvenayanti
Date Deposited: 31 Jul 2025 12:48
Last Modified: 31 Jul 2025 12:48
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26038

Actions (login required)

View Item View Item