Nurvenayanti, Intan (2025) PENGEMBANGAN PEDOMAN PELAKSANAAN HEALING CLASS BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI MELALUI PENGINTEGRASIANNYA KE DALAM PROGRAM GDS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU DISIPLIN DAN GOTONG ROYONG SISWA DI SMA NEGERI 3 MENGWI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329091004-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329091004-ABSTRAK.pdf Download (303kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329091004-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (335kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329091004-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (550kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329091004-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329091004-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329091004-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329091004-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329091004-LAMPIRAN.pdf Download (84MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas serta efektivitas Buku Pedoman Healing Class berbasis kearifan lokal Bali yang diintegrasikan dalam Program Gerakan Disiplin Siswa (GDS) di SMA Negeri 3 Mengwi, terutama berkenaan dengan perilaku disiplin dan gotong royong siswa. Berkenaan dengan itu, didesain penelitian dan pengembangan menggunakan model ADDIE dengan lima langkahnya, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek yang dilibatkan dalam pengembangan produk terdiri dari empat validator ahli. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi,angket dan dokumentasi. Data yang telah diolah selanjutnya di analisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan kaulitatif . Sesuai dengan tahapan dalam model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pedoman Pelaksanaan Healing Class Berbasis Kearifan Lokal Bali yang diintegrasiankan ke dalam Program Gerakan Disiplin Siswa di SMA Negeri 3 Mengwi, rancang bangunnya terdiri dari pendahuluan, rasional, landasan teoritis, langkah pelaksanaan, panduan kegiatan, evaluasi, dan tindak lanjut, (2) Pedoman Pelaksanaan Healing Class Berbasis Kearifan Lokal Bali yang diintegrasikan ke dalam Program Gerakan Disiplin Siswa di SMA Negeri 3 Mengwi memiliki validitas yang valid dengan skor rata-rata 75% dengan rentang nilai 72,60 – 89,42, (3) Pedoman Pelaksanaan Healing Class Berbasis Kearifan Lokal Bali yang diintegrasikan ke dalam Program Gerakan Disiplin Siswa dalam meningkatka perilaku disiplin dan gotong royong siswa di SMA Negeri 3 Mengwi tergolong efektif dengan presentase respon positif mencapai 75%. Kata Kunci: Gerakan Disiplin Siswa (GDS), Healing Class, kearifan lokal Bali, perilakur disiplin, perilaku gotong royong, sangkepan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gerakan Disiplin Siswa (GDS), Healing Class, kearifan lokal Bali, perilakur disiplin, perilaku gotong royong, sangkepan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | Intan Nurvenayanti |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 12:48 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 12:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26038 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |