PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SDN GUGUS VI KECAMATAN SUKAWATI TAHUN AJARAN 2019/2020

Utari Widyastuti, Ni Kadek (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VAK BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SDN GUGUS VI KECAMATAN SUKAWATI TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031067-COVER.pdf

Download (686kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031067- ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1611031067- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (335kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031067- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031067- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031067- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (627kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031067- BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031067- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031067-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran VAK berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SDN Gugus VI Kecamatan Sukawati Tahun Ajaran 2019/2020. Termasuk kedalam penelitian eksperimen semu dengan tipe rancangan The Posttest Only No-Treatment Kontrol Group Design. Keseluruhan kelas V SDN Gugus VI Kecamatan Sukawati Tahun Ajaran 2019/2020 menjadi anggota populasi sebanyak 233 peserta didik. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling, 2 anggota populasi yang terpilih menjadi sampel penelitian yaitu SDN 2 Batubulan sebagai kelas eksperimen dan SDN 7 Batubulan sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan menggunakan metode tes berupa instrument tes objektif pilihan ganda sebanyak 30 soal yang sudah tervalidasi. Data dianalisis menggunakan uji beda mean yang menunjukan hasil nilai thitung = 5,803 > ttabel = 1,991 pada taraf signifikansi 5% (α=0,05, dk = 76) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran VAK berbasis Tri Kaya Parisudha berpengaruh signifikan terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SDN Gugus VI Kecamatan Sukawati Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: VAK, Tri Kaya Parisudha, Kompetensi Pengetahuan IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Utari Widyastuti
Date Deposited: 27 Jul 2020 11:56
Last Modified: 27 Jul 2020 11:56
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2605

Actions (login required)

View Item View Item