Ananda, Riski Tiar (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS X SMK 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1913011007-COVER.pdf Download (946kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1913011007-ABSTRAK.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1913011007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1913011007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1913011007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1913011007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1913011007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1913011007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1913011007-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu kompetensi penting dalam pembelajaran matematika di era abad 21. Namun, kenyataannya kemampuan berpikir kritis matematis siswa masih tergolong rendah, yang disebabkan oleh model pembelajaran yang kurang melibatkan siswa secara aktif dan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah kontekstual berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMKN 3 Singaraja tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X DKV 3 sebagai kelas eksperimen dan X TJKT 2 sebagai kelas kontrol, dengan rata-rata kemampuan matematika awal yang relatif sama. Instrumen penelitian berupa tes uraian (essay test) yang dirancang untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Tes uraian ini telah diujicobakan pada XI DKV 1 yang mendapatkan hasil seluruh soal valid dan memiliki tingkat relliabilitas sedang, sehingga soal tersebut dapat digunakan untuk penelitian. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk dua sampel independen (independent sample t-test). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran berbasis masalah kontekstual berbantuan media pembelajaran interaktif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah kontekstual yang didukung dengan media pembelajaran interaktif secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Hasil penelitian ini merekomendasikan agar model pembelajaran tersebut dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran matematika, khususnya untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran berbasis masalah kontekstual, media pembelajaran interaktif, kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Riski Tiar Ananda |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 03:26 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 03:26 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26056 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |