PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS VI MENGWI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Sapitri, Ni Luh Eni (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA SISWA KELAS IV SD GUGUS VI MENGWI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031081-COVER.pdf

Download (753kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031081-ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031081-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (363kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031081-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031081-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031081-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031081-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031081-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031081-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan Media Audio Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa kelas IV di SD Gugus VI Mengwi. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan kelompok Non-equivalent Post Test Only Control Group Design”. Populasi penelitian ini adalah kelas IV di Gugus VI Mengwi tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 182 orang. Teknik yang diterapkan dalam penentuan sampel yaitu teknik cluster random sampling. Sampel kelompok eksperimen dalam penelitian ini adalah Kelas IV SD No 3 Kapal sebanyak 40 orang dan sampel kelompok kontrolnya yaitu kelas IV SD No. 4 Kapal sebanyak 36 orang. Data kompetensi pengetahuan IPA diperoleh melalui tes. Data post-test kompetensi pengetahuan IPA selanjutnya dianalisis dengan uji-t menggunakan rumus polled varians. Rata-rata skor post-test pada kelompok eksperimen yaitu sebesar 80,68 dan rata-rata pada kelompok kontrol sebesar 73. Berdasarkan taraf signifikansi 5% dan dk = 74 didapat t-tabel = 2,000. Sedangkan t-hitung = 3,898 (t-hitung > t-tabel). Dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Guided Inquiry berbantuan Media Audio Visual berpengaruh secara signifikan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA kelas IV di SD Gugus VI Mengwi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guided Inquiry, Audio Visual, Kompetensi Pengetahuan IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Eni Sapitri
Date Deposited: 27 Jul 2020 12:02
Last Modified: 27 Jul 2020 12:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2608

Actions (login required)

View Item View Item