Febrianti, Luh Mas (2020) Pemanfaatan Quipper School dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri Bali Mandara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1612011065-COVER.pdf Download (556kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1612011065-ABSTRAK.pdf Download (192kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1612011065 -BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (323kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1612011065-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (740kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1612011065-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1612011065 BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1612011065-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1612011065-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (316kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1612011065-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pemanfaatan Quipper School dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri Bali Mandara. (2) mendeskripsikan kendala guru terhadap pemanfaatan Quipper school dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri Bali Mandara (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap penggunaan Quipper school dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri Bali Mandara. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian deskriptif kualitatif-kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas XII IPA 3 SMA Negeri Bali Mandara. Objek penelitian ini adalah pemanfaatan Quipper School. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode angket. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Ada tiga temuan dalam penelitian ini adalah (1) Pemanfaatan Quipper School dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA Negeri Bali Mandara tidak secara penuh dilakukan setiap kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam satu kali pembelajaran guru memanfaatkan Quipper School pada tahap kegiatan inti saja (2) ada beberapa manfaat yang diperoleh setelah menggunakan Quipper School yaitu menghemat biaya pendidikan, melatih kemandirian peserta didik, memiliki fasilitas lengkap untuk belajar peserta didik, mendorong budaya berpikir kritis peserta didik dan melengkapi pembelajaran konvensional. (3) ada beberapa kendala yang dihadapi guru dalam memanfaatkan Quipper School yaitu peserta didik belum mempunyai laptop, jaringan internet yang kurang memadai, materi dalam Quipper School terbatas, dan soal yang disediakan dalam aplikasi masih dominan pilihan ganda. (4) kelas XII IPA 3 SMA Negeri Bali Mandara merespons sangat positif dengan rata-rata skor 45,24.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan, Quipper School, pembelajaran. |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Luh Mas Febrianti |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 09:18 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 09:18 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2609 |
Actions (login required)
View Item |