Mariyastini, Sang Ayu Putu (2025) Pengembangan E-Modul Interaksi Sosial melalui Platform X sebagai Materi Ajar IPS untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Literasi Digital di SMA N 7 Denpasar. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2329091008-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2329091008-ABSTRAK.pdf Download (517kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329091008-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329091008-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329091008-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
229091008-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2329091008-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (837kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329091008-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2329091008-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Mariyastini, Sang Ayu Putu (2025), Pengembangan E-Modul Interaksi Sosial melalui Platform X sebagai Materi Ajar IPS untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Literasi Digital di SMA Negeri 7 Denpasar. Tesis, Pendidikan IPS, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. I Wayan Lasmawan, M.Pd., dan Pembimbing II : Prof. Dr. Drs. I Wayan Mudana, M.Si. Kata-kata kunci : e-modul, interaksi sosial, motivasi belajar, literasi digital, IPS, Platform X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis Platform X sebagai materi ajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), khususnya pada topik interaksi sosial, guna meningkatkan motivasi belajar dan literasi digital siswa di SMA Negeri 7 Denpasar. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada urgensi integrasi teknologi dalam pembelajaran serta kebutuhan media ajar yang interaktif, menarik, dan sesuai dengan karakteristik generasi digital. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model 4-P (Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan, dan Penyebaran). Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Denpasar, yang terdiri atas satu kelas sebagai kelas uji coba produk pengembangan. Kelas-kelas tersebut ditetapkan menggunakan teknik random sampling sederhana dari pasangan kelas yang setara, berdasarkan hasil uji kesetaraan kelas yang dilakukan sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan melalui: 1) Angket validasi ahli (untuk menilai kelayakan e-modul), 2) Angket motivasi belajar, dan 3) Angket literasi digital siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif, dengan menghitung rata-rata persentase skor dari setiap instrumen dan menginterpretasikan hasilnya berdasarkan kategori yang telah ditentukan. Hasil Penelitian: Kepraktisan e-modul dinilai Oleh guru sebesar 91,25% (kategori “sangat praktis”), Oleh siswa sebesar 86,45% (kategori “sangat praktis”). Efektivitas e-modul dalam meningkatkan hasil belajar juga menunjukkan hasil yang signifikan secara positif, dengan peningkatan skor rata-rata: Motivasi belajar siswa sebesar 73,71% (kategori “tinggi”), dan Literasi digital siswa sebesar 77,80% (kategori “tinggi”). Berdasarkan hasil tersebut, e-modul interaktif berbasis Platform X layak digunakan sebagai media pembelajaran alternatif yang inovatif dan relevan, khususnya dalam pembelajaran IPS untuk generasi digital. Penelitian ini menyarankan agar guru dapat menggunakan e-modul berbasis platform digital sebagai media ajar pendukung dalam pembelajaran IPS, guna meningkatkan partisipasi aktif siswa, motivasi belajar, dan kemampuan literasi digital, serta menyesuaikan pembelajaran dengan perkembangan teknologi abad ke-21.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-modul, interaksi sosial, motivasi belajar, literasi digital, IPS, Platform X |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (S2) |
Depositing User: | Sang Ayu Putu Mariyastini |
Date Deposited: | 27 Jul 2025 08:33 |
Last Modified: | 27 Jul 2025 08:33 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26153 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |