DAMANIK, ROHNI ESKANAMI (2025) “Pengembangan E-Book Berpendekatan Inquiry Learning Pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas V SD Negeri 5 Banyuning”. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
Cover Repository.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
Abstrak Repository.pdf Download (809kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
Bab 1 Pendahuluan Repository.pdf Download (754kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
Bab 2 Kajian Teori Repository.pdf Restricted to Repository staff only Download (810kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
Bab 3 Metodologi Penelitian Repository.pdf Restricted to Repository staff only Download (864kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
Bab 4 Hasil dan Pembahasan Repository.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
Bab 5 Penutup Repository.pdf Restricted to Repository staff only Download (676kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka Repository.pdf Download (249kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran Repository.pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk (1) mengetahui bagaimana rancang bangun e-book berbasis inquiry learning mata pelajaran IPAS siswa kelas V SD Negeri 5 Banyuning, (2) mengetahui bagaimana validitas pengembangan media E-Book pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 5 Banyuning berdasarkan penilaian ahli isi, ahli media, dan ahli desain, (3) mengetahui bagaimana respon pengguna EBook pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 5 Banyuning berdasarkan uji coba perorangan, dan uji coba kelompok kecil, (4) mengetahui bagaimana efektivitas media E-Book pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 5 Banyuning. Metode yang digunakan dalam pengembangan adalah ADDIE. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa kuesioner dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan analisis statistik non-parametrik uji wilcoxon. Subjek penelitian adalah satu orang ahli isi pembelajaran dengan hasil review yang diperoleh sejumlah 92,85% dengan kualifikasi sangat baik, satu orang ahli desain pembelajaran dengan hasil review yang diperoleh sebesar 90,67% dengan kualifikasi sangat baik, satu orang ahli media pembelajaran dengan hasil review sejumlah 89,34% dengan kualifikasi baik, tiga orang uji coba perorangan dengan hasil review sejumlah 100% dengan kualifikasi sangat baik, sembilan orang uji coba kelompok kecil dengan hasil review sejumlah 97,26% dengan kualifikasi sangat baik. Efektivitas media e-book bisa dilihat dari hasil rata-rata pretest 60.45 dan rata-rata posttest 94.36 dengan hasil uji wilcoxon 0,000 kurang dari taraf signifikansi 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik antara sebelum dan sesudah menggunakan e-book, dan media e-book efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD Negeri 5 Banyuning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Ebook, Inquiry Learning, IPAS. |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Rohni Eskanami Damanik |
Date Deposited: | 29 Jul 2025 12:10 |
Last Modified: | 29 Jul 2025 12:10 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26209 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |