PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ADOBE FLASH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Siahaan, Tiur Yesica (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN ADOBE FLASH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2113021016-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2113021016-ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113021016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (314kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113021016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113021016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113021016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2113021016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113021016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2113021016-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Adobe Flash dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semua dengan rancangan one way pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA N 1 Sukasada pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 kelas dengan jumlah 63. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 15 butir soal essai keterampilan berpikir kritis. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data diuji coba terlebih dahulu, kemudian diuji validitas dan reliabilitasnya, digunakan koefisien Cronbach’s Alpha dalam uji coba instrument penelitian sebesar a = 0,772. Data keterampilan berpikir kritis dianalisis secara deskriptif dan menggunakan uji Anakova satu jalur. Hasil penelitian mendapat skor F = 10,328, dengan tingkat signifikansi 0,002 (p < 0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang dibelajarkan dengan model PBL berbantuan Adobe Flash dan siswa yang dibelajarkan dengan model Konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model problem based learning, adobe flash, model konvensional, keterampilan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: TIUR YESICA SIAHAAN
Date Deposited: 31 Jul 2025 06:53
Last Modified: 31 Jul 2025 06:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26268

Actions (login required)

View Item View Item