Dewi, Ida Ayu Kadek Sri Puspita (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Video terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di Gugus VI Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031076-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031076-ABSTRAK.pdf Download (372kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031076-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (328kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031076-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031076-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031076-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031076-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (180kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031076-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (451kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031076-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media video terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V di Gugus VI Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain non-equivalent post-test only control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus VI Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 137 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik intact group, sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri 4 Patemon yang berjumlah 26 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas V SD Negeri 1 Unggahan yang berjumlah 26 orang sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar Matematika siswa dikumpulkan menggunakan metode tes yaitu dengan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda yang berjumlah 24 soal. Soal yang diberikan kepada siswa telah diuji validitas isi dengan kategori validitas sangat tinggi, validitas butir, reliabilitas dengan kategori reliabilitas tinggi, tingkat kesukaran, dan daya beda. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 14,354 > ttabel = 2,021 (pada taraf signifikansi 5%). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Matematika siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media video berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V di Gugus VI Kecamatan Seririt Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata kunci: teams games tournament, video, matematika
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teams games tournament, video, matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Kadek Sri Puspita Dewi |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 13:37 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 13:37 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2628 |
Actions (login required)
View Item |