Dewi, Nyoman Audyta Candra (2025) Teaching Strategies Employed by Male and Female English Teacher in SMP Negeri 2 Sawan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (2112021022_COVER)
2112021022_COVER.pdf Download (510kB) |
![]() |
Text (2112021022_ABSTRAK)
21120201022_ABSTRAK.pdf Download (26kB) |
![]() |
Text (2112021022_BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021022_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text (2112021022_BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021022_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2112021022_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021022_BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2112021022_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021022_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2112021022_BAB 5 PENUTUP)
2112021022_BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (74kB) | Request a copy |
![]() |
Text (2112021022_DAFTAR PUSTAKA)
2112021022_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text (2112021022_LAMPIRAN)
2112021022_LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan strategi mengajar antara guru Bahasa Inggris laki-laki dan perempuan di jenjang SMP dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Bali. Penelitian ini melibatkan satu guru laki-laki dan satu guru perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang jelas dalam strategi mengajar antara guru laki-laki dan guru perempuan di SMP Negeri 2 Sawan. Meskipun guru laki-laki mengklaim menggunakan berbagai strategi mengajar modern, hasil observasi menunjukkan bahwa ia lebih banyak menggunakan metode ceramah dan komunikasi satu arah. Gaya mengajarnya bersifat direktif dan menggunakan bahasa yang bersifat perintah, sehingga membatasi interaksi siswa. Sebaliknya, guru perempuan menggunakan strategi metakognitif dan pembelajaran berbasis masalah, yang sejalan dengan perhatiannya terhadap kebutuhan dan kesiapan siswa di kelas. Ia menunjukkan komunikasi dua arah dan mendorong siswa berpikir kritis melalui pertanyaan dan diskusi. Selain itu, pendekatannya menggabungkan strategi sosial dan afektif, yang mencerminkan gaya mengajar yang lebih peduli dan responsif. Temuan ini menunjukkan bahwa pengajaran guru laki-laki cenderung bersifat otoriter, sedangkan guru perempuan lebih interaktif dan berorientasi pada siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pengajaran, Laki-Laki dan Perempuan, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Nyoman Audyta Candra Dewi |
Date Deposited: | 30 Jul 2025 04:48 |
Last Modified: | 30 Jul 2025 04:48 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26284 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |