PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 SERIRIT

Pandiangan, Raymond (2025) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 SERIRIT. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1814031021-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1814031021-ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1814031021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1814031021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1814031021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1814031021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1814031021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814031021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (915kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1814031021-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan validitas media pembelajaran interaktif berbasis Quantum Learning menggunakan aplikasi Quizizz pada materi Geografi kelas XI SMA Negeri 1 Seririt, (2) mendeskripsikan kepraktisannya, dan (3) menguji keefektifannya sebagai daya dukung pembelajaran peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri atas satu orang guru Geografi dan 34 siswa kelas XI-4 SMA Negeri 1 Seririt. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi ahli, angket respon guru dan siswa, serta tes pretest dan posttest. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas media berada pada kategori Sangat Layak dengan nilai rata-rata 81,23 berdasarkan penilaian dari ahli media dan ahli materi, (2) kepraktisan media berada pada kategori Sangat Praktis dengan nilai rata-rata 91,65 berdasarkan respon guru dan siswa, dan (3) efektivitas media menunjukkan kategori Tinggi dengan rata-rata skor N-Gain sebesar 0,74 (73,75%). Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis Quantum Learning berbantuan aplikasi Quizizz dinyatakan valid, praktis, dan efektif sebagai sarana pembelajaran Geografi yang mendukung peningkatan pemahaman konsep siswa kelas XI-4. Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Quantum Learning, Quizizz, Geografi, Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Quantum Learning, Quizizz, Geografi, Pemahaman Konsep.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: RAYMOND PANDIANGAN
Date Deposited: 15 Aug 2025 03:04
Last Modified: 15 Aug 2025 03:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26287

Actions (login required)

View Item View Item