PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP

Leni Widiartini, Kadek (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2323071013-COVER.pdf

Download (638kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2323071013-ABSTRAK.pdf

Download (296kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2323071013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (296kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2323071013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2323071013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2323071013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2323071013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2323071013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (274kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2323071013-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kata-kata kunci : Discovery Learning, Tri Kaya Parisudha, literasi sains, hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan (1) kemampuan literasi sains aspek sikap dan hasil belajar kognitif IPA secara simultan (2) kemampuan literasi sains aspek sikap, dan (3) hasil belajar kognitif IPA pada siswa yang diajar dengan model Discovery Learning dengan siswa yang diajar dengan model Discovery Learning berbasis Tri Kaya Parisudha. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan ancangan penelitian menggunakan desain Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design. Desain terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Selemadeg Timur. Sampel penelitian diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan dua instrumen pengumpulan data yaitu: (1) Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains aspek sikap yaitu berupa angket. (2) Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif IPA yaitu berupa tes objektif yang terdiri dari soal pretest dan soal postest . Data dalam penelitian ini berupa skor angket literasi sains aspek sikap dan skor tes hasil belajar kognitif IPA yang dianalisis menggunakan uji MANCOVA dan dilanjutkan dengan uji LSD (Least Significant Difference). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model Discovery Learning berbasis Tri Kaya Parisudha berpengaruh signifikan terhadap literasi sains aspek sikap dan hasil belajar kognitif IPA, (2) terdapat perbedaan literasi sains aspek sikap secara signifikan antara siswa yang diajar dengan Discovery Learning berbasis Tri Kaya Parisudha dengan yang diajar dengan Discovery Learning, dan (3) hasil belajar kognitif IPA juga menunjukkan perbedaan signifikan antara siswa yang diajar dengan model Discovery Learning berbasis Tri Kaya Parisudha dengan siswa yang menggunakan Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Tri Kaya Parisudha, literasi sains, hasil belajar
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PA Classical philology
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Kadek Leni Widiartini
Date Deposited: 04 Aug 2025 11:00
Last Modified: 04 Aug 2025 11:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26462

Actions (login required)

View Item View Item