Leni Widiartini, Kadek (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2323071013-COVER.pdf Download (638kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2323071013-ABSTRAK.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2323071013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (296kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2323071013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (434kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2323071013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (593kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2323071013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (507kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2323071013-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2323071013-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2323071013-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Kata-kata kunci : Discovery Learning, Tri Kaya Parisudha, literasi sains, hasil belajar Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan (1) kemampuan literasi sains aspek sikap dan hasil belajar kognitif IPA secara simultan (2) kemampuan literasi sains aspek sikap, dan (3) hasil belajar kognitif IPA pada siswa yang diajar dengan model Discovery Learning dengan siswa yang diajar dengan model Discovery Learning berbasis Tri Kaya Parisudha. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan ancangan penelitian menggunakan desain Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design. Desain terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Selemadeg Timur. Sampel penelitian diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Penelitian ini menggunakan dua instrumen pengumpulan data yaitu: (1) Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan literasi sains aspek sikap yaitu berupa angket. (2) Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif IPA yaitu berupa tes objektif yang terdiri dari soal pretest dan soal postest . Data dalam penelitian ini berupa skor angket literasi sains aspek sikap dan skor tes hasil belajar kognitif IPA yang dianalisis menggunakan uji MANCOVA dan dilanjutkan dengan uji LSD (Least Significant Difference). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model Discovery Learning berbasis Tri Kaya Parisudha berpengaruh signifikan terhadap literasi sains aspek sikap dan hasil belajar kognitif IPA, (2) terdapat perbedaan literasi sains aspek sikap secara signifikan antara siswa yang diajar dengan Discovery Learning berbasis Tri Kaya Parisudha dengan yang diajar dengan Discovery Learning, dan (3) hasil belajar kognitif IPA juga menunjukkan perbedaan signifikan antara siswa yang diajar dengan model Discovery Learning berbasis Tri Kaya Parisudha dengan siswa yang menggunakan Discovery Learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Tri Kaya Parisudha, literasi sains, hasil belajar |
Subjects: | A General Works > AI Indexes (General) L Education > L Education (General) P Language and Literature > PA Classical philology |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Kadek Leni Widiartini |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 11:00 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 11:00 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26462 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |