PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA PADA KELAS V SD GUGUS LETKOL WISNU TAHUN AJARAN 2019/2020

Saraswati, Ni Nyoman Puspa Widhi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA PADA KELAS V SD GUGUS LETKOL WISNU TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031250-COVER.pdf

Download (797kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031250-ABSTRAK.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031250-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (232kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031250-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031250-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031250-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031250-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031250-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031250-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Lembar Kerja Siswa terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD Gugus Letkol Wisnu tahun ajaran 2019/2020 dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD gugus Letkol Wisnu yang terdiri atas 10 kelas dengan banyak siswa 334. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Sampling, dengan melakukan random pada kelas bukan siswanya sehingga setiap kelas memiliki peluang yang sama untuk menjadi sampel penelitian. Proses random dilakukan untuk mencari dua kelompok sampel yang akan diuji, proses tersebut menetapkan SDN 5 Peguyangan dan SDN 6 Peguyangan menjadi kelompok sampel. Selanjutnya pengacakan kembali dilakukan pada kelompok sampel dengan hasil SDN 5 Peguyangan dengan banyak siswa 28 orang menjadi kelompok eksperimen dan SDN 6 Peguyangan dengan banyak siswa 25 orang menjadi kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan matematika dikumpulkan melalui tes esai dengan 5 soal yang valid dan reliabel. Nilai rata-rata kelas V SDN 5 Peguyangan yaitu 85.89 lebih dari nilai rata-rata kelas V SDN 6 Peguyangan yaitu 76.20. Hasil analisis uji-t menunjukkan thitung > ttabel yaitu 3.27 > 2.01 pada taraf signifikan 5% dan dk = 51, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima dan menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan matematika kelompok eksperimen dan kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Lembar Kerja Siswa berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Team Assisted Individualization, Lembar Kerja Siswa, Matematika, Kompetensi Pengetahuan Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI NYOMAN PUSPA WIDHI SARASWATI
Date Deposited: 28 Jul 2020 01:28
Last Modified: 28 Jul 2020 01:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2649

Actions (login required)

View Item View Item