Darmayanti, Putu Dian Valentina (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Tutor Sebaya terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Kelas V SD Negeri Gugus Letkol Wisnu Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031064-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031064-ABSTRAK.pdf Download (348kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031064-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (148kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031064-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031064-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031064-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031064-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (254kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031064-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031064-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan tutor sebaya terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD Negeri Gugus Letkol Wisnu tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini mengikuti desain eksperimen semu dan rancangan non-equivalent control group design. Banyak populasi adalah 329 siswa kelas V SD Negeri Gugus Letkol Wisnu. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel terdiri dari dua kelompok yaitu kelas V SD Negeri 3 Peguyangan sebanyak 35 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VA SD Negeri 10 Peguyangan sebanyak 31 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda biasa. Selanjutnya data yang diolah atau dianalisis pada kedua kelompok adalah gain skor yang ternormalisasi dari hasil pretest dan posttestnya dengan menggunakan uji t polled varians. Hasil analisis data didapatkan nilai thitung = 12,298 untuk dk = 35 + 31 – 2 = 64 pada α = 0,05 sehingga didapatkan nilai ttabel = 1,998. Oleh sebab thitung > ttabel artinya terjadi penolakan H0 dan penerimaan Ha. Serta rata-rata gain skor ternormalisasi kompetensi pengetahuan matematika kelompok eksperimen X ̅ = 0,753 lebih dari rata-rata kelompok kontrol X ̅ = 0,559. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan tutor sebaya terhadap kompetensi pengetahuan matematika kelas V SD Negeri Gugus Letkol Wisnu tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran inkuiri terbimbing, metode tutor sebaya, kompetensi pengetahuan matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Putu Dian Valentina Darmayanti |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 20:21 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 20:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2652 |
Actions (login required)
View Item |