Permatasari, Dyajeng Ayu (2025) PEMANFAATAN LKPD INTERAKTIF BERBASIS LIVEWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS IX.C SMPN 2 TABANAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2112011003-COVER.pdf Download (710kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112011003-ABSTRAK.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112011003-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112011003-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112011003-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112011003-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (395kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112011003-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112011003-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112011003-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan LKPD interaktif berbasis Liveworksheets untuk meningkatkan hasil belajar menulis teks eksplanasi siswa kelas IX.C SMP Negeri 2 Tabanan dan mengevaluasi respons siswa terhadap penggunaan LKPD interaktif berbasis Livewokrsheets dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru pengampu bahasa Indonesia dan siswa kelas IX.C SMP Negeri 2 Tabanan. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Data ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil pemanfaatan LKPD interaktif berbasis Liveworksheets menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar menulis teks eksplanasi siswa. Peningkatan hasil belajar terjadi pada siklus I dan siklus II, nilai rata-rata pada siklus I sebesar 67,4 (cukup) lalu terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 80,7 (sangat baik). Terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 13,3%. Skor rata-rata respons siswa pada siklus I sebesar 32,1 (positif) dan respons pada siklus II meningkat menjadi 34,9 (sangat positif). Secara umum, respons siswa terhadap pemanfaatan LKPD interaktif berbasis Liveworksheets tergolong positif. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media lain yang masih relevan, serta hendaknya guru bahasa Indonesia di sekolah dapat menggunakan LKPD interaktif ini sebagai salah satu media yang bisa digunakan saat pembelajaran menulis teks eksplanasi. Kata kunci: LKPD interaktif, liveworksheets, hasil belajar, teks eksplanasi, menulis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD interaktif, liveworksheets, hasil belajar, teks eksplanasi, menulis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | DYAJENG AYU PERMATASARI |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:45 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:45 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26563 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |