PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 5 SMA NEGERI 1 ASEMBAGUS TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Anggraini, Dian (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET PADA PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 5 SMA NEGERI 1 ASEMBAGUS TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1516011002-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1516011002-ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1516011002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1516011002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI)
1516011002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1516011002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1516011002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1516011002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1516011002-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola basket pada peserta didik kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Asembagus tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu guru sebagai peneliti. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Asembagus tahun pelajaran 2019/2020, yang berjumlah 36 siswa dengan rincian 15 peserta didik putri dan 21 peserta didik putra. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil analisis data rata-rata aktivitas belajar secara klasikal teknik dasar passing bola basket pada siklus I sebesar 7,1 (aktif), dan meningkat menjadi 8,4 (aktif) pada siklus II. Sedangkan presentase ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 86,1% (baik), dan meningkat menjadi 100% (sangat baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar passing bola basket (chest pass dan bounce pass) meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada peserta didik kelas kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Asembagus tahun pelajaran 2019/2020. Disarankan kepada guru PJOK agar menggunakan model pembelajaran tipe Think Phare Share karena dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar keterampilan passing bola basket. Kata-kata kunci: Pembelajaran kooperatif tipe Think Phare Share, aktivitas belajar, hasil belajar, passing bola basket (chest pass dan bounce pass).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Pembelajaran kooperatif tipe Think Phare Share, aktivitas belajar, hasil belajar, passing bola basket (chest pass dan bounce pass).
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Dian Anggraini
Date Deposited: 28 Jul 2020 06:23
Last Modified: 28 Jul 2020 06:23
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2659

Actions (login required)

View Item View Item