Putri, Ayu Anistisia Esy (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKTUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN DATAR DI SMP NEGERI 1 KERAMBITAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1813011095-COVER.pdf Download (864kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1813011095-ABSTRAK.pdf Download (112kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
1813011095-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1813011095-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (243kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1813011095-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011095-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (716kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V PENUTUP)
1813011095-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011095-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1813011095-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
E-Modul merupakan salah satu inovasi sarana penunjang proses pembelajaran yang berkembang seiring perkembangnya jaman. E-Modul adalah bahan ajar elektronik yang dibuat lebih ringkas dan sistematis sehingga dapat dipelajari oleh siapa saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik Pengembangan e-modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontektual untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun datar di SMP Negeri 1 Kerambitan. E-modul ini berisikan materi bangun datar (persegi, persegi panjang dan segitiga) yang dikemas dengan sebagaimana mestinya pada aplikasi exe learning. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kerambitan. Prosedur E-modul ini menerapkan tiga dari empat metode pengembangan ADDIE yaitu analysis(analisis), design (perancangan) dan development (pengembangan). Instrumen yang digunakan untuk menilai kualitas. E-modul yang dikembangkan adalah lembar penilaian oleh ahli untuk menilai kevalidan dan angket respon siswa untuk serta angket respon guru untuk menilai kepraktisan. Selain itu, untuk dapat menilai keefektifan dari. E-modul yaitu dengan melakukan tes. Hasil penelitian ini yaitu penilaian menurut ahli media diperoleh skor 4,68 dan penilaian ahli materi diperoleh skor 4,62 dari maksimum 5 sehingga E-modul dikatakan valid. Kemudian untuk skor rata-rata skor angket respon guru diperoleh skor 4,6 dan skor rata-rata angket respon siswa diperoleh skor 4,53 dari maksimum 5 sehingga E-modul memiliki kualitas praktis. Adapun rata rata skor siswa dalam menilai keefektifan memperoleh hasil N-gain yaitu 0,738 dari perbandingan pre-test dan post-test dengan kategori tinggi yang berarti e-modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontektual untuk meningkatkan pemahaman konsep bangun datar efektif digunakan pada pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-MODUL, Pendekatan Kontektual, Bangun datar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1) |
Depositing User: | Ayu Anistisia Esy Putri |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 01:11 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 01:11 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26608 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |