Muliarta, Komang Adi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUALY BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V SDN GUGUS IV PATTIMURA DENPASAR SELATAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031324-COVER.pdf Download (518kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031324-Abstrak.pdf Download (203kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031324-BAB.I PENDAHULUAN.pdf Download (320kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031324- BAB.II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (350kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031324-BAB.III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (794kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL PEELITIAN DAN PEMBAHASAN)
1611031324- BAB.IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031324- BAB.V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (509kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031324- DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (315kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031324- LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy Berbantuan Multimedia Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas V SDN Gugus IV Pattimura Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimen , menggunakan rancangan nonequivalent control group design. Populasi keseluruhan dalam penelitian ini seluruh kelas V SD Gugus IV Pattimura Kecamatan Denpasar Selatan tahun 2019/2020 sebanyak 269 siswa. Sampel didapat ialah, SDN 18 Sesetan untuk kelas kontrol sebanyak 38 siswa dan SDN 7 Sesetan untuk kelas eksperimen sebanyak 39 siswa. Teknik yang digunakan untuk menentukan sampel yaitu teknik cluster random sampling. Data kompetensi Pengetahuan IPA siswa dikumpulkan dengan Instrumen berupa tes objektif bentuk pilihan ganda biasa. Jika dilihat dari nilai rata-rata (means) kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen = 0,363 lebih besar dari kelompok kontrol = 0,223. Setelah terkumpulnya data selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung =3,380. Harga tersebut kemudian dibandingkan dengan harga ttabel dengan dk = 75 dan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel = 2,000 sehingga thitung = 3,380 > ttabel 2,000 jadi, H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan multimedia dengan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Simpulan dari hal tersebut adalah terdapat pengaruh yang sgnifikan model pembelajaran somatic auditory visualization intellectualy berbantuan multimedia terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SDN Gugus IV Pattimur Denpasar Selatan tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi dalam mengembangkan penelitian selanjutnnya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SAVI, Multimedia, IPA |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Komang Adi Muliarta |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 01:40 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 01:40 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2661 |
Actions (login required)
View Item |