Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V SD Negeri 1 Baktiseraga dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar

Febriani, Vinny (2025) Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas V SD Negeri 1 Baktiseraga dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Datar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813011072-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813011072-ABSTRAK.pdf

Download (328kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011072-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (298kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011072-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011072-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011072-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011072-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011072-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813011072-LAMPPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Studi ini berlangsung di SD Negeri 1 Baktiseraga dengan tujuan untuk menganalisis kemampuan numerasi siswa kelas V dalam menyelesaikan masalah bangun datar, mengetahui pengaruh kemampuan numerasi terhadap penyelesaian masalah, dan mengetahui kemampuan penyelesaian masalah bangun datar dilihat dari kemampuan numerasi. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method dengan desain concurrent triangulation. Subjek penelitian dipilih secara acak sebanyak 54 siswa kelas lima dengan enam orang diwawancarai mendalam sesuai tingkat kategori kemampuan numerasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data sebagai proses meringkas, memilih, dan menghilangkan informasi yang tidak relevan; penyajian data disajikan ke dalam bentuk teks uraian singkat yang tersusun secara sistematis; dan penarikan kesimpulan yaitu membuat inferensi yang berkaitan dengan rumusan masalah. Berdasarkan hasil temuan penelitian diperoleh terdapat perbedaan yang signifikan antara tiga kategori kemampuan numerasi terhadap pemecahan masalah. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan numerasi kategori tinggi sebanyak 3 siswa dengan persentase 5%, kemampuan numerasi siswa kategori sedang sebanyak 49 siswa dengan persentase 91%, dan kemampuan numerasi siswa kategori rendah sebanyak 2 siswa dengan persentase 4%. Dari uji korelasi diperoleh bahwa nilai siginifikansi sebesar kurang dari 0.001 artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan numerasi dengan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan nilai koefisien korelasi yang positif yaitu 0.785, maka arah hubungannya yaitu positif kuat. Hal ini menunjukkan bahwa semkain tinggi kemampuan numerasi maka akan diikuti oleh semakin tinggi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Subjek yang memiliki kemampuan pemecahan tinggi dapat mengimplekementasikan ketiga indikator numerasi dalam penyelesaian soal, sedangkan kemampuan pemecahan sedang belum dapat memenuhi satu indikator yaitu menafsirkan hasil analisis untuk memprediksi dan mengambil keputusan, dan kemampuan pemecahan rendah hanya dapat memenuhi satu indikator numerasi yaitu menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang berkaitan dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Numerasi, Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Vinny Febriani
Date Deposited: 08 Aug 2025 06:28
Last Modified: 08 Aug 2025 06:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26626

Actions (login required)

View Item View Item