PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN GEOGRAFI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BUSUNGBIU

Hidayat, Irul (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP MINAT BELAJAR DAN KOMPETENSI PENGETAHUAN GEOGRAFI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BUSUNGBIU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2114031027_COVER.pdf

Download (488kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2114031027_ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2114031027_BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (280kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2114031027_BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODE PENELITIAN)
2114031027_BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2114031027_BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2114031027_BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2114031027_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2114031027_LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap minat belajar dan kompetensi pengetahuan Geografi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Busungbiu. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental design) yang melibatkan dua kelompok, yakni kelompok eksperimen yang memperoleh perlakuan pembelajaran dengan model TGT dan kelompok kontrol yang menerima pembelajaran secara konvensional. Data dikumpulkan melalui tes untuk mengukur kompetensi pengetahuan serta observasi untuk menilai minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT mampu meningkatkan baik minat belajar maupun kompetensi pengetahuan Geografi siswa secara signifikan. Model ini terbukti memberikan dampak positif yang simultan terhadap kedua variabel tersebut. Oleh karena itu, model pembelajaran kooperatif tipe TGT direkomendasikan sebagai salah satu strategi pembelajaran inovatif yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran Geografi di tingkat sekolah menengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model TGT, Minat Belajar, Pengetahuan Geografi, Pembelajaran Kooperatif, Siswa SMA.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Geografi > Program Studi Pendidikan Geografi (S1)
Depositing User: Irul Hidayat
Date Deposited: 08 Aug 2025 07:41
Last Modified: 08 Aug 2025 07:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26628

Actions (login required)

View Item View Item