PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI GUGUS III KUTA TAHUN AJARAN 2019/2020

Pramestika, Ni Putu Dyah (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRET TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI GUGUS III KUTA TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611031162-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
161101162-ABSTRAK.pdf

Download (110kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031162-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031162-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031162-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031162-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031162-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031162-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (194kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031162-LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning berbantuan media konkret terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa pada kelas IV di SD Gugus III Kuta Kabupaten Badung Tahun Ajaran 2019/2020. Menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah kelas IV SD Gugus III Kuta tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 293 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling dengan cara mengundi secara acak populasi. Kemudian dilakukan pengundian untuk menentukan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu SDN 1 Tuban sebagai kelompok eksperimen sebanyak 32 siswa dan SDN 6 Tuban sebagai kelompok kontrol sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa tes subjektif (uraian). Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis uji-t dengan rumus polled varians. Hasil anlisis data diperoleh (thitung = 4,021> ttabel = 2,000) pada taraf signifikasi 5% (dk = 32 + 30 – 2 = 67) maka, H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis matematika antara kelompok yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbantuan media konkret dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Gugus III Kuta Tahun Ajaran 2019/2020. Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media konkret berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis matematika pada kelas IV SD Negeri Gugus III Kuta tahun 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Media Konkret, Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: NI PUTU DYAH PRAMESTIKA
Date Deposited: 27 Jul 2020 12:43
Last Modified: 27 Jul 2020 12:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2666

Actions (login required)

View Item View Item