Nicanta, Flower (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEOSCRIBE PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031149-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031149-ABSTRAK.pdf Download (338kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031149-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (347kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031149-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031149-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031149-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031149-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (301kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031149-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031149-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses rancang bangun pengembangan media VideoScribe berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada muatan pelajaran IPAS kelas IV di SD (2) mengetahui VideoScribe berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada muatan pelajaran IPAS kelas IV SD berdasarkan penilaian ahli isi pembelajaran, dan media pembelajaran, (3) mengetahui respon pengguna VideoScribe berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada muatan pelajaran IPAS kelas IV (4) mengetahui efektivitas VideoScribe berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPAS kelas IV. Hasil dari penelitian ini (1) menghasilkan VideoScribe dari tahap analisis sampai tahap evaluasi, (2) validitas produk dari ahli materi pembelajaran skor (93.00%) kualifikasi sangat baik dan ahli media pembelajaran skor (95,00%) kualifikasi sangat baik, (3) respon pengguna VideoScribe berdasarkan uji coba perorangan skor (97,00%) kualifikasi sangat baik, dan uji coba kelompok kecil skor (92,84%) kualifikasi sangat baik, dan (4) efektivitas VideoScribe berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap peningkatan hasil belajar siswa, pada metode tes nilai rata-rata pre-test 42,67, dan post-test 79,34. Hasil analisis statistik menggunakan uji-t berpasangan menunjukkan nilai t-hitung sebesar 28,45 dengan nilai t-tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,04. Karena t-hitung > t-tabel (28,45 > 2,04), maka H₀ ditolak dan H₁ diterima, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media VideoScribe, dapat disimpulkan bahwa VideoScribe berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, VideoScribe, Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar, IPAS. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Flower Nicanta |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 00:32 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 00:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26682 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |