Affandi, Lalu Hamdian (2025) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PEMBERDAYAAN GURU SEKOLAH DASAR PADA KELOMPOK KERJA GURU (KKG) DI KECAMATAN SEKARBELA KOTA MATARAM. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2139011012-COVER.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2139011012-ABSTRAK.pdf Download (828kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2139011012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (918kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2139011012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (966kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2139011012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2139011012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2139011012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (820kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2139011012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (850kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2139011012-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program KKG di Kecamatan Sekarbela, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, dengan menggunakan model evaluasi lima level Guskey. Subjek dalam penelitian ini adalah 169 orang guru dan 476 orang siswa sekolah dasar. Pengumpulan data dilakukan dengan angket yang disebarkan kepada guru dan siswa. Angket dalam penelitian ini dikembangkan dari teori yang relevan dan diuji relevansi butirnya berdasarkan penilaian ahli yang dianalisis dengan model Gregory. Selanjutnya, item yang sudah divalidasi oleh ahli direvisi dan diuji secara empiris sebelum digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil ujicoba angket menunjukkan koefisien Cronbach alpha sebesar 0,88 untuk angket kepuasan guru terhadap penyelenggaraan KKG, 0,703 untuk angket pola pikir, 0,943 untuk angket iklim sekolah, 0,734 untuk angket pembelajaran efektif, dan 0,766 untuk angket kepercayaan siswa terhadap factor penentu keberhasilan. Dari 5 angket yang digunakan, 3 angket diisi oleh guru dan 2 angket diisi oleh siswa. Data yang terkumpul dalam penelitian ini adalah data kepuasan guru terhadap penyelenggaraan KKG, pola pikir, iklim sekolah, penerapan pembelajaran efektif, dan kepercayaan siswa terhadap factor penentu keberhasilan belajar. Data kemudian dianalisis menggunakan model Glickman untuk menentukan kualitas di setiap level. Analisis keefektifan KKG secara keseluruhan dilakukan dengan skala bertingkat berdasarkan jumlah variable yang jatuh pada kuadran IV atau III dalam kuadran Glickman. Semakin banyak variable yang berada pada kuadran IV atau III, semakin tinggi keefektifan penyelenggaraan KKG. Hasil penelitian ini adalah kepuasan guru terhadap penyelenggaraan KKG berada pada kuadran I sehingga berkategori tidak baik, pola pikir berada pada kuadran IV sehingga berkategori sangat baik, iklim sekolah berada pada kuadran IV sehingga berkategori sangat baik, praktik pembelajaran guru berada pada kuadran II berkategori kurang baik, dan kepercayaan siswa terhadap faktor penentu keberhasilan belajar berada pada kuadran IV sehingga berkategori sangat baik. Secara umum, keefektifan penyelenggaraan kegiatan KKG berkategori sedang karena hanya 3 dari 5 variabel yang berada pada kuadran IV. Penelitian ini menemukan bahwa penyelenggaraan KKG belum banyak berkontribusi terhadap perbaikan kualitas pembelajaran ketika guru dan sekolah memiliki kesiapan untuk melakukan perubahan. Hal itu terjadi karena konten dan proses kegiatan KKG tidak relevan dengan masalah pembelajaran yang dihadapi guru di kelas. Penelitian ini terbatas pada perumusan kerangka kerja pengembangan KKG yang masih memerlukan pengujian secara empiris, karena itu peneliti merekomendasikan agar kerangka pengembangan KKG yang berorientasi pemecahan masalah pembelajaran siswa diuji untuk mengetahui kemanjurannya dalam meningkatkan keefektifan KKG.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Evaluasi Lima Level Guskey, Pemberdayaan Guru, Penyelenggaraan Kegiatan KKG |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Lalu Hamdian Affandi |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 03:29 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 03:29 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26692 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |