Yulianti, Ni Made Karisma (2020) Kontribusi Kecerdasan Naturalis dan Partisipasi Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas IV SDN Gugus III Kuta Utara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031093-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031093-ABSTRAK.pdf Download (126kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031093-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031093-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031093-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031093-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031093-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031093-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (271kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031093-LAMPIRAN.pdf Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikan kecerdasan naturalis terhadap kompetensi pengetahuan IPA; (2) pengaruh yang signifikan partisipasi belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPA; dan (3) pengaruh yang signifikan kecerdasan naturalis dan partisipasi belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPA. Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto dengan studi penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 490 orang. Sampel ditentukan dengan teknik proporsional random sampling dan didapat jumlah sampel sebanyak 214 orang. Pengumpulan data kecerdasan naturalis dan partisipasi belajar didapat dengan penyebaran kuesioner dan kompetensi pengetahuan IPA didapat dengan pencatatan dokumen. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan naturalis terhadap kompetensi pengetahuan IPA dengan nilai thitung (11,467) > ttabel (1,971) dan kontribusi sebesar 12,68%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan partisipasi belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPA dengan nilai thitung (13,601) > ttabel (1,971) dan kontribusi sebesar 35,44%; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan naturalis dan partisipasi belajar terhadap kompetensi pengetahuan IPA dengan nilai Fhitung (97,906) > Ftabel (3,039) dan kontribusi sebesar 48,12%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kecerdasan naturalis dan partisipasi belajar berkontribusi terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SDN Gugus III Kuta Utara Tahun Pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kompetensi pengetahuan IPA, kecerdasan naturalis, partisipasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Made Karisma Yulianti |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 02:47 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 02:47 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2671 |
Actions (login required)
View Item |