Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Bola Voli di SMA Taruna Mandara

Sembiring K, Villa Renaldi (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Devision (STAD) terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Bola Voli di SMA Taruna Mandara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1816011021-COVER.pdf

Download (502kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1816011021-ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1816011021-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar servis bawah bola voli. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan posttest only control group design. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 SMA Taruna Mandara dengan jumlah 52 orang. Pengumpulan data dilaksanakan pada 2 (dua) aspek yaitu aspek kognitif dan Psikomotorik. Analisis data menggunakan Uji-t dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Hasil posttest kognitif kelompok eksperimen diperoleh rata-rata 90,77 dan kelompok kontrol 82,50. Sedangkan hasil posttest psikomotorik kelompok eksperimen diperoleh rata-rata 86,36 dan kelompok kontrol 79,72. Angka signifikansi yang diperoleh pada aspek kognitif melalui Uji Independet Samples T-test adalah sig 0,00<0,05 dan pada aspek psikomotorik adalah 0,039<0,05. Berdasarkan hasil analisis data tes, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar servis bawah bola voli di SMA Taruna Mandara. Disarankan untuk guru PJOK dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD karena terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Tipe STAD, Hasil Servis Bawah Bola Voli
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Villa Renaldi Sembiring K
Date Deposited: 09 Aug 2025 16:27
Last Modified: 09 Aug 2025 16:27
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26721

Actions (login required)

View Item View Item