EVALUASI LAYANAN LANTATUR PADA UPT SAMSAT KABUPATEN BULELENG DENGAN LOGIC MODEL

Sangging, Wayan Devin Amabel (2025) EVALUASI LAYANAN LANTATUR PADA UPT SAMSAT KABUPATEN BULELENG DENGAN LOGIC MODEL. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2329131045-COVER.pdf

Download (900kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2329131045-ABSTRAK.pdf

Download (382kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2329131045-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (419kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2329131045-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2329131045-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2329131045-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
2329131045-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2329131045-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2329131045-LAMPIRAN.pdf

Download (951kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi layanan LANTATUR di UPT Samsat Kabupaten Buleleng dari segi input, (2) mengidentifikasi hasil evaluasi layanan LANTATUR di UPT Samsat Kabupaten Buleleng dari segi activities, (3) mengidentifikasi layanan LANTATUR di UPT Samsat Kabupaten Buleleng dari segi output, (4) mengidentifikasi layanan LANTATUR di UPT Samsat Kabupaten Buleleng dari segi outcome, dan (5) mengidentifikasi efektivitas layanan LANTATUR di UPT Samsat Kabupaten Buleleng. Penelitian ini mengadopsi evaluasi logic model. Penelitian ini melibatkan 61 pengguna layanan LANTATUR di UPT SAMSAT Kabupaten Buleleng. Adapun data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara. Berdasarkan hasil uji deskriptif dan uji model Glickman, hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1) pada evaluasi input diperoleh nilai rerata (mean) yang berada pada kisaran sekitar 3,9 hingga 4,18, yang mengindikasikan bahwa penilaian responden terhadap variabel-variabel tersebut relatif tinggi dan konsisten, (2) pada evaluasi activities diperoleh nilai rata-rata (mean) di kisaran antara 3,85 hingga 4,02, menunjukkan bahwa responden memberikan penilaian yang cukup positif, (3) pada evaluasi output diperoleh rata-rata (mean) dalam rentang yang cukup positif, yakni antara 3,95 sampai 4,18, (4) pada evaluasi outcome diperoleh nilai rata-rata berada pada kisaran yang cukup tinggi antara 4,02 hingga 4,25, menunjukkan bahwa responden memberikan penilaian yang positif, (5) efektivitas Penggunaan Program LANTATUR termasuk pada “Kuadran 1” dengan kategori “Sangat Efektif”. Hasil penelitian juga menyarankan (1) UPT SAMSAT Buleleng perlu menambah loket LANTATUR untuk mencegah antrean panjang, (2) UPT SAMSAT Buleleng perlu meningkatkan LANTATUR dengan pelatihan berkelanjutan agar pegawai memahami SOP pelayanan, (3) penambahan jam operasional LANTATUR agar layanan lebih mudah diakses, mengurangi antrean, dan mempercepat proses administrasi, (4). UPT SAMSAT Buleleng perlu memastikan pegawai bebas dari percaloan dan rutin melakukan sosialisasi layanan LANTATUR ke masyarakat pelosok.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Lantatur, Samsat, Logic Model
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Manajemen (S2)
Depositing User: Wayan Devin Amabel Sangging
Date Deposited: 11 Aug 2025 08:17
Last Modified: 11 Aug 2025 08:17
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26742

Actions (login required)

View Item View Item