Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Kelas V SD Negeri Gugus Jenderal Sudirman Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020

Tini Udayani, I Dewa Ayu (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Minat Belajar Matematika Pada Kelas V SD Negeri Gugus Jenderal Sudirman Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
1611031176-COVER.pdf

Download (928kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611031176-ABSTRAK.pdf

Download (391kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031176-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (183kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031176-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031176-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031176-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031176-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031176-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611031176-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Fokus penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving terhadap minat belajar Matematika kelas V SD Negeri Gugus Jenderal Sudirman Denpasar Selatan. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi eksperimen), dengan desain posttest only no treatment control design. Populasi pada penelitian ini merupakan seluruh kelas V SD Negeri Gugus Jenderal Sudirman Denpasar Selatan yakni sebanyak 8 kelas sebanyak 324 siswa. Sampel penelitian ini dilaksanakan menggunakan teknik Cluster Random Sampling sehingga menjadikan kelas V SD N 6 Sesetan sebanyak 44 siswa sebagai kelompok eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dan kelas V SD N 13 Sesetan berjumlah 44 siswa sebagai kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode non tes. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dilaksanakan menggunakan kuesioner (angket). Rerata minat belajar matematika pada kelompok eksperimen yaitu mean = 80,02 dan kelompok kontrol mean = 65,43. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis uji-t dengan rumus polled varians. Hasil analisis data diperoleh (t hitung =5,590 > t tabel = 2,000) pada taraf signifikansi 5% (dk = 44 + 44 – 2 = 86) maka, H0 ditolak dan Ha diterima berarti terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar matematika antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas V SD Negeri Gugus Jenderal Sudirman Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving berpengaruh terhadap minat belajar matematika kelas V SD Negeri Gugus Jenderal Sudirman Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Creative Problem Solving, Minat Belajar Matematika, Kelas V SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I DEWA AYU TINI UDAYANI
Date Deposited: 27 Jul 2020 20:41
Last Modified: 27 Jul 2020 20:41
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2675

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item