Ismawijaya, Gusti Ayu Shashi Kirana (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “PANBASUNTAR” (PAPAN PEMBAGIAN BERSUSUN PINTAR) BERBASIS PBL PADA MUATAN MATEMATIKA MATERI PEMBAGIAN DI KELAS III SD HAINAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031524-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031524-ABSTRAK.pdf Download (217kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031524-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031524-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031524-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (812kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031524-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031524-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031524-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031524-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun media PANBASUNTAR berbasis PBL muatan Matematika materi Pembagian (2) mengetahui kelayakan media PANBASUNTAR berbasis PBL materi Pembagian, yang ditinjau dari rancang bangun, isi, desain instruksional, media pembelajaran, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, (3) mengetahui efektivitas media PANBASUNTAR berbasis PBL pada materi Pembagian. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes objektif pilihan ganda. Hasil Penelitian ini menemukan bahwa: (a) penilaian menurut ahli rancang bangun memperoleh presentasi skor 90% dengan kualifikasi sangat baik; (b) penilaian ahli isi/materi pelajaran memperoleh presentasi skor 80,35% dengan kualifikasi baik; (c) penilaian ahli desain instruksional memperoleh persentase skor 90% dengan kualifikasi sangat baik; (d) penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 91,66% dengan kualifikasi baik; (e) penilaian uji coba perorangan memperoleh presentasi skor 93,25% dengan kualifikasi sangat baik; (f) penilaian uji coba kelompok kecil memperoleh persentase 91,75% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan uji efektivitas dengan 22 orang siswa memperoleh hasil thitung sebesar 18,78 untuk dk 21 dengan taraf signifikansi 5 % = 2,080. Dengan demikian, harga thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1diterima. Ini berarti, terdapat perbedaan signifikan (5%) sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Implikasi dan penelitian ini yakni, secara empiris terbukti bahwa media PANBASUNTAR berbasis PBL layak digunakan pada proses pembelajaran berdasarkan hasil penilaian oleh subjek uji coba.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, PANBASUNTAR, media pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Gusti Ayu Shashi Kirana Ismawijaya |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 07:38 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 07:38 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26813 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |