Amarawati, Diah (2025) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS STUDY KASUS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 8 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2111031377-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2111031377-ABSTRAK.pdf Download (215kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031377-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031377-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031377-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (454kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031377-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031377-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031377-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (236kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2111031377-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bermula dari masalah kurangnya implementasi media dalam proses pembelajaran. Kurangnya implementasi media dalam proses pembelajaran mengakibatkan hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun, validitas, kepraktisan, serta efektivitas media interaktif berbasis study kasus pada materi sistem pencernaan kelas V sekolah dasar untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan mengadopsi model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 8 Kediri. Subjek dalam penelitian pengembangan ini adalah media interaktif berbasis study kasus. Sedangkan, objek dalam penelitian pengembangan ini adalah validitas, kepraktisan dan keefektifan media interaktif berbasis study kasus. Hasil penelitian menunjukkan: (1) media interaktif berbasis study kasus memperoleh predikat sangat valid dengan nilai validitas materi sebesar 0,95 dan media sebesar 0,97; (2) media interaktif berbasis study kasus memperoleh predikat sangat praktis dengan perolehan rata-rata persentase kepraktisan oleh perorangan sebesar 94,17%, oleh kelompok kecil sebesar 92,50%, serta oleh guru sebesar 83,33%; (3) uji efektivitas media menunjukkan thitung > ttabel (10,568 > 1,734) yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media interaktif berbasis study kasus. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah media interaktif berbasis study kasus diterapkan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media interaktif, study kasus, sistem pencernaan, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Diah Amarawati |
Date Deposited: | 11 Aug 2025 23:06 |
Last Modified: | 11 Aug 2025 23:06 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26831 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |