Tunassukadana, Gede (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI BERBASIS TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS IV SD GUGUS PELIATAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031232-COVER.pdf Download (592kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031232-ABSTRAK.pdf Download (201kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031232-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (327kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031232-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (443kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031232-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031232-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (510kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031232-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031232-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (427kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031232-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD Gugus Peliatan Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi eksperimen. Rancangan quasi eksperimen yang digunakan adalah Intac Group Comparison. Pada penelitian ini jumlah populasi sebanyak 4 kelas dari 4 SD di Gugus Peliatan tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 124 siswa kelas IV. Sampel yang digunakan adalah 62 orang siswa yang diperoleh berdasarkan teknik random sampling yaitu 30 orang siswa kelas IV SDN 1 Peliatan sebagai kelas eksperimen dan 32 orang siswa dari kelas IV SDN 4 Peliatan sebagai kelas kontrol. data kompetensi pengetahuan IPA siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes objektif pilihan ganda biasa, yang kemudian dianalisis dengan analisis uji-t polled varians, namun sebelum melakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas dengan rumus Fisher. Dengan demikian diperoleh hasil analisis thitung = 2,210 sedangkan pada taraf signifikasnsi 5% dengan derajat kebebasan 60 diperoleh ttabel = 2,000, karena harga thitung > ttabel maka dapat disimpulkan H0 diolak dan Ha diterima. Adapun nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SAVI berbasis Tri Kaya Parisudha 79,467, sedangkan pada kelompok yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran SAVI berbasi Tri Kaya Parisudha 76,188. sehingga berdasaran hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran SAVI berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap kompetensi pengetahuan IPA pada siswa kelas IV SD Gugus Peliatan Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SAVI, Tri Kaya Parisudha, kompetensi pengetahuan IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | GEDE TUNAS SUKADANA |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 05:52 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 05:52 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2685 |
Actions (login required)
View Item |