STUDI EVALUASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD HAINAN SCHOOL DENPASAR

Juliani, Luh Dinda (2025) STUDI EVALUASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD HAINAN SCHOOL DENPASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031526-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031526-ABSTRAK.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031526-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (289kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031526-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031526-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031526-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (714kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031526-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031526-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031526-LAMPIRAN.pdf

Download (870kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program penyelenggaraan pendidikan inklusif di SD Hainan School Denpasar dari komponen konteks, input, proses dan produk, serta kendala yang dihadapi. Penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan menggunakan model CIPP. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru di SD Hainan School. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pelaksanaan program pendidikan inklusif di SD Hainan School Denpasar ditinjau dari: (1) komponen konteks yaitu masih belum terdapat penyesuaian kurikulum untuk siswa ABK. (2) komponen input yaitu kompetensi dan pemahaman pendidik terhadap ABK masih kurang. 3) komponen proses yaitu kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik untuk siswa ABK dengan bantuan pendidik. dan (4) komponen produk yaitu terdapat peningkatan hasil belajar siswa ABK tetapi tetap memerlukan pengawasan. Disimpulkan tingkat penyelenggaraan program pendidikan inklusif di SD Hainan School dari bebepa aspek sudah baik, namun perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Studi Evaluasi, CIPP (Context, Input, Process, Product), Pendidikan Inklusif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Luh Dinda Juliani
Date Deposited: 12 Aug 2025 05:28
Last Modified: 12 Aug 2025 05:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26870

Actions (login required)

View Item View Item