Purwanti, Ni Kadek Lovita (2025) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROME (COLLABORATIVE, READING, OUTLINING, MIND-MAPPING, AND EVALUATION) BERBANTUAN LKS SISTEM REPRODUKSI MANUSIA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DI SMAN 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2113041023-COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2113041023-ABSTRAK.pdf Download (240kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2113041023-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2113041023-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (504kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2113041023-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2113041023-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2113041023-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2113041023-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2113041023-LAMPIRAN.pdf Download (30MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan strategi pembelajaran CROME yang didukung oleh Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk meningkatkan pencapaian hasil belajar kognitif siswa dalam materi sistem reproduksi manusia. Penelitian ini juga dimaksudkan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar kognitif antara kelompok siswa yang mendapat perlakuan strategi CROME berbantuan LKS dengan kelompok yang menerapkan pendekatan pembelajaran konvensional. Metodologi penelitian menggunakan desain kuasi eksperimen dengan rancangan non-equivalent control-group design. Populasi sampel meliputi siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Singaraja yang ditetapkan melalui teknik random sampling dengan sistem undian. Berdasarkan hasil undian, kelas XI.A ditentukan sebagai kelompok eksperimen yang memperoleh treatment strategi CROME berbantuan LKS, sementara kelas XI.C ditetapkan sebagai kelompok kontrol yang menjalani pembelajaran dengan metode konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang disusun mengacu pada dimensi proses kognitif dalam Taksonomi Bloom Revisi. Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dan pengujian statistik ANCOVA (Analysis of Covariance) untuk mengukur efektivitas strategi pembelajaran CROME berbantuan LKS serta melakukan komparasi dengan strategi konvensional. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi p sebesar 0,000 (< 0,05) dengan nilai Partial Eta Squared sebesar 0,633. Ini mengindikasikan bahwa strategi CROME berbantuan LKS memberikan kontribusi sebesar 63,3% terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Dengan demikian, penerapan strategi pembelajaran CROME berbantuan LKS terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Biologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran CROME, Lembar Kegiatan Belajar, Hasil Belajar Kognitif, Sistem Reproduksi Manusia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Lovita Purwanti |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 06:55 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 06:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26895 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |