Utami, Luh Aprilia (2025) THE EFFECT OF A FLIPPED CLASSROOM WITH YOUTUBE INTEGRATION TOWARDS STUDENTS’ LISTENING SKILL IN SMAN 1 SERIRIT. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.
![]() |
Text (COVER)
2112021077-COVER.pdf Download (736kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2112021077-ABSTRAK.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021077-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021077-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021077-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (334kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021077-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (468kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021077-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021077-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (262kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2112021077-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini menyelidiki dampak pengintegrasian YouTube ke dalam metode kelas terbalik untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa di SMAN 1 Seririt. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa banyak siswa kesulitan memahami materi mendengarkan ketika diajarkan hanya melalui metode kelas tradisional. Oleh karena itu, metode kelas terbalik digunakan, yang mengharuskan siswa menonton video pelajaran YouTube di rumah sebelum kelas. Hal ini memungkinkan waktu kelas digunakan untuk diskusi, latihan soal, dan kegiatan interaktif lainnya. Penelitian ini melibatkan dua kelas sebelas. Satu kelas, kelompok eksperimen, diajar menggunakan metode kelas terbalik dengan video YouTube, sementara kelas lainnya, kelompok kontrol, diajar menggunakan metode tradisional. Kedua kelompok kelas diberikan tes mendengarkan sebelum dan sesudah perlakuan untuk menentukan hasilnya. Analisis menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan metode kelas terbalik mengalami peningkatan yang signifikan dalam keterampilan mendengarkan mereka. Hal ini terbukti dari peningkatan yang signifikan secara statistik (Cohen's d = 0,61). Dengan demikian, pembelajaran kelas terbalik yang didukung oleh video YouTube telah terbukti membantu siswa lebih memahami materi mendengarkan karena lebih menarik, fleksibel, dan membuat siswa lebih terlibat dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kelas Terbalik, Integrasi YouTube, Keterampilan Menyimak, Pembelajaran Bahasa Inggris. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1) |
Depositing User: | Luh Aprilia Utami |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 08:15 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 08:15 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26952 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |