THE EFFECT OF A FLIPPED CLASSROOM WITH YOUTUBE INTEGRATION TOWARDS STUDENTS’ LISTENING SKILL IN SMAN 1 SERIRIT

Utami, Luh Aprilia (2025) THE EFFECT OF A FLIPPED CLASSROOM WITH YOUTUBE INTEGRATION TOWARDS STUDENTS’ LISTENING SKILL IN SMAN 1 SERIRIT. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2112021077-COVER.pdf

Download (736kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2112021077-ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2112021077-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (278kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2112021077-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2112021077-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2112021077-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2112021077-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2112021077-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2112021077-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menyelidiki dampak pengintegrasian YouTube ke dalam metode kelas terbalik untuk meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa di SMAN 1 Seririt. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa banyak siswa kesulitan memahami materi mendengarkan ketika diajarkan hanya melalui metode kelas tradisional. Oleh karena itu, metode kelas terbalik digunakan, yang mengharuskan siswa menonton video pelajaran YouTube di rumah sebelum kelas. Hal ini memungkinkan waktu kelas digunakan untuk diskusi, latihan soal, dan kegiatan interaktif lainnya. Penelitian ini melibatkan dua kelas sebelas. Satu kelas, kelompok eksperimen, diajar menggunakan metode kelas terbalik dengan video YouTube, sementara kelas lainnya, kelompok kontrol, diajar menggunakan metode tradisional. Kedua kelompok kelas diberikan tes mendengarkan sebelum dan sesudah perlakuan untuk menentukan hasilnya. Analisis menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan metode kelas terbalik mengalami peningkatan yang signifikan dalam keterampilan mendengarkan mereka. Hal ini terbukti dari peningkatan yang signifikan secara statistik (Cohen's d = 0,61). Dengan demikian, pembelajaran kelas terbalik yang didukung oleh video YouTube telah terbukti membantu siswa lebih memahami materi mendengarkan karena lebih menarik, fleksibel, dan membuat siswa lebih terlibat dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kelas Terbalik, Integrasi YouTube, Keterampilan Menyimak, Pembelajaran Bahasa Inggris.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
Depositing User: Luh Aprilia Utami
Date Deposited: 13 Aug 2025 08:15
Last Modified: 13 Aug 2025 08:15
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26952

Actions (login required)

View Item View Item