Suari, Ida Ayu Gede Pradnya (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Media Buku Cerita Tiga Dimensi Terhadap Keterampilan Menulis Cerita Pendek Kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031028-COVER.pdf Download (742kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031028-ABSTRAK.pdf Download (497kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031028-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (304kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031028-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (366kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031028-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031028-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031028-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031028-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (303kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031028-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media buku cerita tiga dimensi terhadap keterampilan menulis cerita pendek kelas IV SD. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian quasi eksperiment dengan menggunakan desain Non Equivalen Post-Test Only Control Group Design. Populasi penelitian ini seluruh kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara terdiri dari 10 kelas sebanyak 368 orang. Penentuan sampel dalam penelitian, menggunakan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil undian, kelas IVB SD Negeri 1 Peguyangan sebanyak 46 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVB SD Negeri 5 Peguyangan sebanyak 36 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes keterampilan menulis cerita pendek yang dilengkapi rubrik penilaian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, dengan uji-t. Pada analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata kelompok eksperimen ¯x = 80 > ¯x= 70 rata-rata kelompok kontrol. Pada analisis statistik inferensial dianalisis menggunakan uji-t polled varians. Terbukti dari nilai (thitung=4,456 > ttabel =1,990) dengan alpha 5% dan (dk = 46 + 36 – 2 = 80) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media buku cerita tiga dimensi terhadap keterampilan menulis cerita pendek Kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | discovery learning, buku cerita tiga dimensi, keterampilan menulis cerita pendek. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ida Ayu Gede Pradnya Suari |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 01:56 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 01:56 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2699 |
Actions (login required)
View Item |