STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI PUISI BALI MODERN DI KELAS X SMA NEGERI BALI MANDARA

Sanjaya, I Gusti Bagus Weda (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI PUISI BALI MODERN DI KELAS X SMA NEGERI BALI MANDARA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2129011012-COVER.pdf

Download (417kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2129011012-ABSTRAK.pdf

Download (417kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129011012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129011012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129011012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129011012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2129011012-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129011012-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2129011012-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sanjaya, IG.B. Weda (2025), Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Puisi Bali Modern di Kelas X SMA Negeri Bali Mandara. Tesis, Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof.Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. I Ketut Paramartha, S.S., M.Hum. Kata-kata kunci: strategi pembelajaran, pembelajaran berdiferensiasi, puisi Bali modern Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran berdiferensiasi pada materi puisi Bali modern di kelas X SMA Negeri Bali Mandara. Fokus penelitian mencakup tiga aspek utama, yakni perencanaan, pelaksanaan, serta hambatan yang dihadapi guru selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas guru Bahasa Bali dan peserta didik kelas X yang dipilih secara purposif berdasarkan keragaman gaya belajar dan tingkat kesiapan belajar mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi dirancang secara cukup sistematis dan kontekstual. Sekolah menyediakan profil peserta didik yang memuat informasi tentang minat dan gaya belajar, serta memfasilitasi asesmen diagnostik kognitif dan nonkognitif pada awal semester. Data asesmen ini digunakan guru sebagai dasar untuk menyusun perencanaan pembelajaran yang adaptif terhadap keragaman siswa. Dalam pelaksanaannya, guru memberi keleluasaan kepada siswa untuk memilih konten, proses, produk, dan lingkungan belajar sesuai preferensi masing-masing. Diferensiasi diwujudkan melalui variasi sumber belajar, metode kerja, serta bentuk penyajian karya puisi, baik secara langsung maupun dalam bentuk video. Meskipun demikian, guru menghadapi sejumlah kendala seperti keterbatasan waktu tatap muka, umpan balik formatif yang belum optimal, serta belum tersedianya perangkat asesmen yang sepenuhnya mendukung pendekatan diferensiasi. Penelitian ini menegaskan pentingnya fleksibilitas strategi, dukungan kelembagaan, serta peningkatan kapasitas guru untuk mengelola pembelajaran berdiferensiasi secara berkelanjutan dalam kerangka implementasi Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, pembelajaran berdiferensiasi, puisi Bali modern
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2)
Depositing User: I Gusti Bagus Weda Sanjaya
Date Deposited: 14 Aug 2025 13:53
Last Modified: 14 Aug 2025 13:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26992

Actions (login required)

View Item View Item