Sanjaya, I Gusti Bagus Weda (2025) STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATERI PUISI BALI MODERN DI KELAS X SMA NEGERI BALI MANDARA. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
2129011012-COVER.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
2129011012-ABSTRAK.pdf Download (417kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2129011012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129011012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129011012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129011012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
2129011012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2129011012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
2129011012-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Sanjaya, IG.B. Weda (2025), Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Puisi Bali Modern di Kelas X SMA Negeri Bali Mandara. Tesis, Pendidikan Bahasa, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini sudah disetujui dan diperiksa oleh Pembimbing I: Prof.Dr. I Nyoman Sudiana, M.Pd dan Pembimbing II: Dr. I Ketut Paramartha, S.S., M.Hum. Kata-kata kunci: strategi pembelajaran, pembelajaran berdiferensiasi, puisi Bali modern Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran berdiferensiasi pada materi puisi Bali modern di kelas X SMA Negeri Bali Mandara. Fokus penelitian mencakup tiga aspek utama, yakni perencanaan, pelaksanaan, serta hambatan yang dihadapi guru selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas guru Bahasa Bali dan peserta didik kelas X yang dipilih secara purposif berdasarkan keragaman gaya belajar dan tingkat kesiapan belajar mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berdiferensiasi dirancang secara cukup sistematis dan kontekstual. Sekolah menyediakan profil peserta didik yang memuat informasi tentang minat dan gaya belajar, serta memfasilitasi asesmen diagnostik kognitif dan nonkognitif pada awal semester. Data asesmen ini digunakan guru sebagai dasar untuk menyusun perencanaan pembelajaran yang adaptif terhadap keragaman siswa. Dalam pelaksanaannya, guru memberi keleluasaan kepada siswa untuk memilih konten, proses, produk, dan lingkungan belajar sesuai preferensi masing-masing. Diferensiasi diwujudkan melalui variasi sumber belajar, metode kerja, serta bentuk penyajian karya puisi, baik secara langsung maupun dalam bentuk video. Meskipun demikian, guru menghadapi sejumlah kendala seperti keterbatasan waktu tatap muka, umpan balik formatif yang belum optimal, serta belum tersedianya perangkat asesmen yang sepenuhnya mendukung pendekatan diferensiasi. Penelitian ini menegaskan pentingnya fleksibilitas strategi, dukungan kelembagaan, serta peningkatan kapasitas guru untuk mengelola pembelajaran berdiferensiasi secara berkelanjutan dalam kerangka implementasi Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pembelajaran, pembelajaran berdiferensiasi, puisi Bali modern |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan Bahasa (S2) |
Depositing User: | I Gusti Bagus Weda Sanjaya |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 13:53 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 13:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/26992 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |