PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VII 2 DI SMPN 6 SINGARAJA DALAM PEMBELAJARAN TEKS BERITA

Pramudita, Disa Eka (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS VII 2 DI SMPN 6 SINGARAJA DALAM PEMBELAJARAN TEKS BERITA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2012011053-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2012011053-ABSTRAK.pdf

Download (278kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2012011053-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (308kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2012011053-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2012011053-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (411kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2012011053-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2012011053-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2012011053-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2012011053-LAMPIRAN.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL), keberhasilan power point mengetahui hasil belajar siswa, serta mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran teks berita pada siswa kelas VII 2 SMP N 6 Singaraja. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan tes tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan menulis teks berita siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa dari siklus I ke sklus II. Selain itu, respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) ini terlihat sangat positif. Mereka menjadi lebih aktif dan tertarik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media power point terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa pada materi teks berita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Problem Based Learning, Power point, Respons Siswa, Teks Berita.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Disa Eka Pramudita
Date Deposited: 27 Aug 2025 03:11
Last Modified: 27 Aug 2025 03:11
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27037

Actions (login required)

View Item View Item