Sugiantara, Valentino Bagus (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Renang Gaya Dada pada Mahasiswa Prodi Penjaskesrek Tahun Akademik 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
![]() |
Text (COVER)
1916011063-COVER.pdf Download (947kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
1916011063-ABSTRAK.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1916011063-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (237kB) |
![]() |
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1916011063-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (872kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1916011063-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1916011063-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5 PENUTUP)
1916011063-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1916011063-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
1916011063-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran berbasis video tutorial sebagai penunjang proses pembelajaran pada mata pelajaran renang, khususnya teknik dasar gaya dada. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada permasalahan pembelajaran yang masih berpusat pada pendidik dan pengelolaan kelas yang kurang optimal. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Penjaskesrek) tahun akademik 2024/2025. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner skala penilaian. Hasil rancang yang digukanan menggunakan tahapan model ADDIE yang menghasilkan media video multimedia tutorial teknik dasar gaya dada. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan. Penilaian menunjukkan skor yang tinggi, yaitu ahli isi 98,21% dengan kategori sangat baik, ahli desain 92,5% dengan kategori sangat baik, ahli media 100% dengan kategori sangat baik, dan praktisi lapangan 95% dengan kategori sangat baik. Pada tahap uji coba, kelompok kecil memperoleh 97,5% dengan kategori sangat baik dan uji kelompok besar 96,06% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, media pembelajaran berbasis video tutorial ini dinyatakan sangat layak untuk diimplementasikan dalam pembelajaran renang guna meningkatkan efektivitas dan kemandirian belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Video Pembelajaran, Renang Gaya Dada, Model ADDIE |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | Valentino Bagus Sugiantara |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 03:32 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 03:32 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27082 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |