STUDY MIXED METHOD SEQUANTIAL EXPLANATORY TENTANG KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KEPEMIMPINAN STRATEGIS, DAN KEPEMIMPINAN VISIONER TERHADAP KENERJA GURU PRODUKTIF DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BERBASIS DUDIKA DI SMK NEGERI KABUPATEN BANGLI

PUSPAYANA, I PUTU (2025) STUDY MIXED METHOD SEQUANTIAL EXPLANATORY TENTANG KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, KEPEMIMPINAN STRATEGIS, DAN KEPEMIMPINAN VISIONER TERHADAP KENERJA GURU PRODUKTIF DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR BERBASIS DUDIKA DI SMK NEGERI KABUPATEN BANGLI. Doctoral thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2239011011-COVER.pdf

Download (989kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2239011011-ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2239011011-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (573kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2239011011-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
2239011011-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2239011011-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
2239011011-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2239011011-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2239011011-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan kontribusi kepemimpinan transformasional, kepemimpinan strategis dan kepemimpinan visioner terhadap kinerja guru produktif. Desain penelitian ini adalah mixed method dengan pendekatan explanatory research dilakukan pada guru SMK Negeri di kabupaten Bangli. Populasi penelitian ini sebanyak 122 orang dan pengambilan sampel menggunakan teknik Slovin kemudian dikonfirmasi dengan formula Warwick dan Lininger diperoleh sampel sebanyak 110 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner selanjutnya dikonfirmasi dengan hasil wawancara. Analisis data menggunakan regresi sederhana, korelasi parsial, dan regresi berganda. Hasil penelitian menemukan: (1) deskripsi kuantitatif variabel kepemimpinan transformasional, kepemimpinan strategis, kepemimpinan visioner dan Kinerja guru produktif berada pada kategori sangat tinggi. (2) kepemimpinan transformasional Berkontribusi positif dan signifikan terhadap kinerja guru produktif pada persamaan regresi Ŷ = 61,305 + 0,602 X1, dengan koefisien 0,555 dan kontribusi sebesar 6,11%. (3) kepemimpinan strategis Berkontribusi positif dan signifikan terhadap kinerja guru produktif pada persamaan regresi Ŷ = 40,254 + 0,723 X2 dengan koefisien 0,718 dan kontribusi sebesar 34,82%. (4) kepemimpinan visioner Berkontribusi positif dan signifikan terhadap kinerja guru produktif pada persamaan regresi Ŷ = 44,965 + 0,740 X3 dengan koefisien 0,707 dan kontribusi sebesar 24,81%. (5) kepemimpinan transformasional, kepemimpinan strategis dan kepemimpinan visioner secara simultan Berkontribusi positif dan signifikan terhadap kinerja guru produktif pada persamaan regresi berganda Ŷ = 41,029 + 0,119X1 + 488X2 + 0,368X3 dengan nilai koefisien 0,732 dan uji F adalah 40,740 serta sig. adalah 0,000 dengan total kontribusi atau sumbangan efektif (SE) sebesar 65,74%. (6) kepemimpinan transformasional berkontribusi signifikan terhadap kinerja guru produktif produktif, kepemimpinan strategis berkontribusi signifikan dan sangat kuat kontribusinya terhadap kinerja guru produktif produktif dan kepemimpinan visioner Berkontribusi signifikan terhadap kinerja guru produktif. Kepemimpinan kepala sekolah pada ketiga jenis tersebut menunjukkan adanya perubahan manajemen sekolah yang lebih baik, terwujudnya program yang sangat strategis dalam rangka pengembangan sekolah dengan visi menyiapkan para lulusan dengan kebutuhan dunia kerja. Strategis program kepala sekolah dalam mencapai tujuan dilakukan dengan cara membangun kolaborasi dan melibatkan dunia industri terutama untuk meningkatkan kompetensi guru produktif dalam melaksanakan pembelajaran yang mengutamakan skill yang nyata sesuai kebutuhan dunia kerja. Temuan penelitian menyatakan bahwa kepemimpinan strategis memiliki Kontribusi paling tinggi terhadap kinerja guru produktif. Direkomendasikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Negeri di Provinsi Bali agar kepala sekolah menerapkan kepemimpinan transformasional, kepemimpinan strategis dan kepemimpinan visioner yang terbukti Berkontribusi terhadap kinerja guru produktif. Kata-kata kunci: kepemimpinan transformasional, kepemimpinan strategis, kepemimpinan visioner, Kinerja guru produktif produktif

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan transformasional, kepemimpinan strategis, kepemimpinan visioner, Kinerja guru produktif produktif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: I Putu Puspayana
Date Deposited: 12 Sep 2025 08:57
Last Modified: 12 Sep 2025 08:57
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27087

Actions (login required)

View Item View Item