Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Senam Lantai Roll Depan pada Peserta Didik Kelas VIII C SMP Negeri 7 Singaraja Tahun Ajaran 2024/2025

Saragih, Formendi Oktavianer (2025) Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar PJOK Materi Senam Lantai Roll Depan pada Peserta Didik Kelas VIII C SMP Negeri 7 Singaraja Tahun Ajaran 2024/2025. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2116011021-COVER.pdf

Download (514kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2116011021-ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2116011021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (259kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2116011021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2116011021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2116011021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2116011021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2116011021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2116011021-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PJOK melalui senam lantai roll depan di SMP Negeri 7 Singaraja dengan mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.C SMP Negeri 7 Singaraja yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 12 putra dan 12 putri. Penelitian ini mengimplementasikan model pembelajaran Problem Based Learning yang dilakukan sebanyak 2 siklus, hasil siklus I terdapat 6 orang (25%) peserta didik tuntas pada aspek pengetahuan dan 10 orang (42%) peserta didik tuntas pada aspek keterampilan, selanjutnya pada siklus II terdapat 20 orang (84%) peserta didik yang tuntas pada aspek pengetahuan, dan 20 orang (84%) peserta didik yang tuntas pada aspek keterampilan. Berdasarkan analisa data dan pembahasan, kesimpulan penelitian ini adalah hasil belajar PJOK materi senam lantai roll depan meningkat melalui implementasi model pembelajaran problem based learning pada peserta didik kelas VIII.C SMP 7 Singaraja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Senam lantai
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Formendi Oktavianer Saragih
Date Deposited: 22 Sep 2025 06:54
Last Modified: 22 Sep 2025 06:54
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27141

Actions (login required)

View Item View Item