PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK BERBASIS PUJA MANDALA MATERI MENGHORMATI PERBEDAAN BUDAYA DAN AGAMA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS VI DI SD NEGERI 6 PANJER

Satriatmaja, I Made Gede Didan (2025) PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOK BERBASIS PUJA MANDALA MATERI MENGHORMATI PERBEDAAN BUDAYA DAN AGAMA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS VI DI SD NEGERI 6 PANJER. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2111031170-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2111031170-ABSTRAK.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2111031170-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (309kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2111031170-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2111031170-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031170-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2111031170-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031170-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2111031170-LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-book berbasis Puja Mandala yang efektif dalam meningkatkan proses belajar siswa, khususnya pada materi "Menghormati Perbedaan Budaya dan Agama dalam Kehidupan Sehari-Hari" dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas VI di SD Negeri 6 Panjer. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui angket dan tes objektif pilihan ganda. Hasil penelitian m,enemukan bahwa nilai thitung > ttabel (6,252 > 2,045), yang berarti bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah penggunaan media e-book. Dengan demikian, disimpulkan bahwa e-book berbasis Puja Mandala layak dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran materi "Menghormati Perbedaan Budaya dan Agama dalam Kehidupan Sehari-Hari” pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-book, Puja Mandala, Pendidikan Pancasila, perbedaan budaya dan agama, ADDIE
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Made Gede Didan Satriatmaja
Date Deposited: 09 Oct 2025 23:44
Last Modified: 09 Oct 2025 23:44
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27154

Actions (login required)

View Item View Item