PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR SIKAP PASANG PENCAK SILAT PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA LABORATORIUM UNDIKSHA TAHUN PELAJARAN 2019/2020.

Dewi, Sari Novita (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL (SAVI) BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR SIKAP PASANG PENCAK SILAT PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA LABORATORIUM UNDIKSHA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1616011001-COVER.pdf

Download (225kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1616011001-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1616011001-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (125kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1616011001-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1616011001-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1616011001-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1616011001-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1616011001-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1616011001-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) berbantuan media kartu bergambar terhadap hasil belajar teknik dasar sikap pasang pencak silat pada peserta didik kelas XI SMA Laboratorium Undiksha tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini yakni penelitian eksperimen sungguhan (true experimental) dengan rancangan Pre Test/Post Test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas XI SMA Laboratorium Undiksha tahun pelajaran 2019/2020 yang terdistribusi ke dalam lima kelas dengan total keseluruhan peserta didik 111 orang. Sampel dipilih dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini yaitu kelas XI MIA 1 dengan jumlah keseluruhan 23 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IIS 2 dengan jumlah keseluruhan 23 orang sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar didapat melalui tes uraian dan unjuk kerja. Penelitian ini dilakukan dengan dua kali perlakuan di luar pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji T pada gain score dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Nilai rata-rata kelompok eksperimen 0,63 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 0,48, hal ini menunjukkan bahwa 0,63>0,48. Signifikansi pada uji hipotesis diperoleh melalui uji T adalah 0,000 yaitu p<0,05. Disimpulkan bahwa model pembelajaran SAVI berbantuan media kartu bergambar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar teknik dasar sikap pasang pencak silat pada peserta didik kelas XI SMA Laboratorium Undiksha tahun pelajaran 2019/2020. Disarankan kepada pendidik PJOK dan mata pelajaran lain untuk menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan media kartu bergambar karena terbukti berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Kata-kata kunci: SAVI, kartu bergambar, hasil belajar, sikap pasang pencak silat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: SAVI, kartu bergambar, hasil belajar, sikap pasang pencak silat.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: Sari Novita Dewi
Date Deposited: 28 Jul 2020 06:34
Last Modified: 28 Jul 2020 06:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2721

Actions (login required)

View Item View Item