PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM PEMBELAJARAN TEKS IKLAN DI SMK NEGERI 1 SUKASADA

Pradnyana, Ida Bagus Gede Teja (2026) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM PEMBELAJARAN TEKS IKLAN DI SMK NEGERI 1 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1912011034-COVER.pdf

Download (391kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1912011034-ABSTRAK.pdf

Download (170kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1912011034-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (318kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1912011034-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1912011034-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1912011034-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1912011034-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1912011034-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1912011034-LAMPIRAN.pdf

Download (984kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada materi teks iklan untuk mengakomodasi perbedaan kemampuan, minat, dan profil belajar siswa di SMK Negeri 1 Sukasada. Selama ini, pembelajaran menulis teks iklan masih cenderung seragam sehingga belum sepenuhnya menyesuaikan dengan keragaman siswa. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya mendeskripsikan elemen-elemen pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks iklan, menjelaskan langkah-langkah pelaksanaannya di kelas, serta mengidentifikasi kendala yang dialami guru selama proses penerapan. Penelitian ini menggunakan teori pembelajaran berdiferensiasi dan teori pembelajaran menulis teks iklan sebagai landasan, dengan metode deskriptif kualitatif beserta instrumen pengumpulan data berupa wawancara dengan guru dan observasi di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan pembelajaran berdiferensiasi melalui tahapan perancangan menggunakan asesmen diagnostik dan penyusunan modul ajar, pelaksanaan pembelajaran dengan pemberian materi, serta tahapan penilaian melalui penugasan pembuatan teks iklan sebagai produk akhir, diskusi kelompok dengan pendampingan guru, hingga presentasi produk secara bertahap dalam tiga kali pertemuan. Elemen diferensiasi yang diterapkan mencakup diferensiasi produk, proses, dan konten, yang terbukti mampu meningkatkan partisipasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran teks iklan. Namun demikian, guru masih menghadapi kendala berupa keterbatasan waktu, kesulitan menyesuaikan strategi dengan profil belajar siswa yang beragam, serta tantangan dalam menjaga konsistensi pendampingan di setiap kelompok. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat praktis bagi guru Bahasa Indonesia dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi secara lebih efektif, sekaligus memberikan kontribusi teoretis dalam pengembangan strategi pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya materi teks iklan di SMK.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berdiferensiasi, menulis, teks iklan, pembelajaran bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Ida Bagus Gede Teja Pradnyana
Date Deposited: 02 Dec 2025 04:02
Last Modified: 02 Dec 2025 04:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27339

Actions (login required)

View Item View Item