Dewi, Ni Kadek Viosy Saras (2026) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERMUATAN THK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
|
Text (COVER)
2111031052_COVER.pdf Download (296kB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
2111031052_ABSTRAK.pdf Download (253kB) |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2111031052_BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (423kB) |
|
|
Text (BAB II KAJIAN TEORI)
2111031052_BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
|
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
2111031052_BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (467kB) |
|
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
2111031052_BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (488kB) |
|
|
Text (BAB V PENUTUP)
2111031052_BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2111031052_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
2111031052_LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi berbasis nilai-nilai Tri Hita Karana pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila serta menguji kelayakan dan efektivitas media tersebut dalam meningkatkan literasi budaya siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba terbatas terdiri dari 20 siswa kelas IV SD Negeri 2 Tirtasari, serta melibatkan ahli materi dan ahli media untuk validasi produk. Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan berada pada kategori <sangat layak= dilihat dari aspek isi, bahasa, penyajian, dan kualitas visual. Selain itu, respons guru dan siswa terhadap penggunaan media menunjukkan antusiasme dan penerimaan yang sangat positif. Penggunaan video animasi ini terbukti dapat meningkatkan literasi budaya siswa, khususnya dalam memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pendidikan Pancasila. Media video animasi berbasis Tri Hita Karana juga mampu menumbuhkan karakter siswa serta mengembangkan keterampilan abad ke-21, seperti berpikir kritis dan kemampuan reflektif. Dengan demikian, pendekatan pembelajaran berbasis budaya lokal melalui media visual yang menarik dan kontekstual dapat menjadi solusi inovatif dalam upaya memperkuat pendidikan karakter dan meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar. Kata kunci: Pengembangan media, video animasi, Tri Hita Karana, Pendidikan Pancasila, literasi buda
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | 1.Pengembangan media, 2.video animasi, 3.Tri Hita Karana, 4.Pendidikan Pancasila, 5.literasi budaya |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
| Depositing User: | Ni Kadek Viosy Saras Dewi |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 00:56 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 00:56 |
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27346 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
