Anugrah, Komang Danda Widya (2026) PEMANFAATAN TEKS MULTIMODAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS TANGGAPAN SISWA KELAS VII G DI SMPN 5 MENGWI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
|
Text (COVER)
2212011001 - COVER.pdf Download (24MB) |
|
|
Text (ABSTRAK)
2212011001 - ABSTRAK.pdf Download (22MB) |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2212011001 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (22MB) |
|
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2212011001 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (22MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2212011001 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (22MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2212011001 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (22MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2212011001 - BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (22MB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2212011001 - DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (22MB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
2212011001 - LAMPIRAN.pdf Download (22MB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemanfaatan teks multimodal dalam meningkatkan keterampilan menulis teks tanggapan siswa; (2) mendeskripsikan hasil belajar menulis teks tanggapan; dan (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap pemanfaatan teks multimodal. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII G SMPN 5 Mengwi tahun ajaran 2025/2026. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan metode pengumpulan data melalui observasi, tes, dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teks multimodal berupa teks, infografis, video, dan lagu telah berhasil diterapkan. Hasil belajar menulis teks tanggapan meningkat dari 61,2% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II, yang tergolong kategori baik. Respons siswa terhadap pembelajaran juga meningkat dari 77,7% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II, yang termasuk kategori positif. Temuan ini membuktikan bahwa pemanfaatan teks multimodal efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks tanggapan siswa.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | menulis, teks multimodal, teks tanggapan. |
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
| Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
| Depositing User: | Komang Danda Widya Anugrah |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 00:42 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 00:42 |
| URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27383 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
