PEMANFAATAN TEKS MULTIMODAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS TANGGAPAN SISWA KELAS VII G DI SMPN 5 MENGWI

Anugrah, Komang Danda Widya (2026) PEMANFAATAN TEKS MULTIMODAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS TANGGAPAN SISWA KELAS VII G DI SMPN 5 MENGWI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2212011001 - COVER.pdf

Download (24MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2212011001 - ABSTRAK.pdf

Download (22MB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2212011001 - BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (22MB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2212011001 - BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2212011001 - BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2212011001 - BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2212011001 - BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2212011001 - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2212011001 - LAMPIRAN.pdf

Download (22MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pemanfaatan teks multimodal dalam meningkatkan keterampilan menulis teks tanggapan siswa; (2) mendeskripsikan hasil belajar menulis teks tanggapan; dan (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap pemanfaatan teks multimodal. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII G SMPN 5 Mengwi tahun ajaran 2025/2026. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan metode pengumpulan data melalui observasi, tes, dan kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teks multimodal berupa teks, infografis, video, dan lagu telah berhasil diterapkan. Hasil belajar menulis teks tanggapan meningkat dari 61,2% pada siklus I menjadi 87% pada siklus II, yang tergolong kategori baik. Respons siswa terhadap pembelajaran juga meningkat dari 77,7% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II, yang termasuk kategori positif. Temuan ini membuktikan bahwa pemanfaatan teks multimodal efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks tanggapan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: menulis, teks multimodal, teks tanggapan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Komang Danda Widya Anugrah
Date Deposited: 18 Dec 2025 00:42
Last Modified: 18 Dec 2025 00:42
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27383

Actions (login required)

View Item View Item