PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF MATERI KULINER THAILAND PADA MATA KULIAH KULINER ASIA

Narayana, I Komang (2026) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF MATERI KULINER THAILAND PADA MATA KULIAH KULINER ASIA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2115091013-COVER.pdf

Download (518kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2115091013-ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2115091013-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (117kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2115091013-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2115091013-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2115091013-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (933kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2115091013-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2115091013-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2115091013-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran PowerPoint interaktif dalam mata kuliah Kuliner Asia, khususnya pada materi Kuliner Thailand. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model 4D. Data dikumpulkan melalui angket yang diberikan kepada ahli materi, serta ahli desain dan media, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan dilakukan secara sistematis sesuai model 4D, yaitu: tahap Define untuk menganalisis kebutuhan pembelajaran; tahap Design untuk menyusun materi, membuat slide, serta menentukan tampilan visual; tahap Develop untuk mengembangkan media dan melakukan proses validasi oleh para ahli; Hasil validasi menunjukkan bahwa media PowerPoint yang telah dibuat termasuk dalam kategori sangat layak, dengan rata-rata skor dari ahli materi sebesar 97,14% dan rata-rata skor dari ahli desain dan media sebesar 95,71%. Dengan demikian, media PowerPoint interaktif yang dikembangkan terbukti sangat layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pada mata kuliah Kuliner Asia; dan tahap Disseminate untuk menyebarluaskan produk akhir dalam lingkup terbatas yaitu dosen pengampu mata kuliah Kuliner Asia dan disebarkan juga melalui Youtube untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Media ini dapat membantu mahasiswa memahami karakteristik Kuliner Thailand secara lebih menarik, aplikatif, dan kontekstual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, PowerPoint interaktif, Kuliner Thailand, model 4D
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Vokasional Seni Kuliner (S1)
Depositing User: I Komang Narayana
Date Deposited: 16 Dec 2025 06:58
Last Modified: 16 Dec 2025 06:58
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/27385

Actions (login required)

View Item View Item