Dewi, Ni Kadek Veronika (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING BERBANTUAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD LAB UNDIKSHA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1611031271-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1611031271-ABSTRAK.pdf Download (54kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611031271-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (175kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611031271-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (282kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611031271-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (393kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611031271-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1611031271-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611031271-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1611031271-LAMPIRAN.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Lab Undiksha Singaraja tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Lab Undiksha Singaraja Tahun pelajaran 2019/2020, sampel diambil dengan cara purposive sampling, kelas IVB dengan jumlah 34 orang siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVA dengan jumlah 36 orang siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dengan jenis instrumen tes objektif pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskritif skor rata-rata pada kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran CORE berbantuan media audio visual diperoleh sebesar 21,91. Sedangkan pada kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan model pembelajaran CORE berbantuan media audio visual sebesar 14,00. Berdasarkan analisis uji-t diperoleh thitung = 21,547 dan ttabel = 2,000 dengan db = 68 pada taraf signifikansi 5%. Dengan kriteria thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dilihat dari perbedaan skor rata-rata antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, ini menandakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran CORE berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Lab Undiksha Singaraja Tahun pelajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CORE, audio visual, hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Veronika Dewi |
Date Deposited: | 27 Jul 2020 21:31 |
Last Modified: | 27 Jul 2020 21:31 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/2749 |
Actions (login required)
View Item |